Youtube merupakan media berbasis video yang memang telah sangat populer dan marak penggunaannya baik di dunia dan di Indonesia. Saya sendiri juga merupakan salah satu pengguna Youtube yang setia. Dari platform Youtube ini saya bisa mendapatkan banyak konten-konten video yang menarik untuk segala kebutuhan saya, termasuk saat mencari inspirasi marketing bisnis.
Para pebisnis zaman now memang sudah seharusnya menggunakan konten video dan Youtube sebagai medianya. Ini karena Youtube di Indonesia telah menjadi media yang diminati banyak konsumen. Besarnya minat konsumen di Indonesia pada Youtube sendiri dipengaruhi karakteristik dari para penggunanya. Berikut adalah karakteristik pengguna Youtube di Indonesia.
Kebiasaan Masyarakat Indonesia dalam Mencari Konten Video
Pertama, karakteristik pengguna Youtube di Indonesia adalah kebiasaan dalam mencari konten video. Bila ada dua konten dari blog dan Youtube, maka publik memang akan lebih memilih konten video dari Youtube. Konten video memang menjadi pilihan favorit bagi masyarakat Indonesia karena menariknya ketika ditonton.Â
Tapi bila konten pada website, masyarakat harus membacanya terkebih dahulu untuk mengetahui informasinya. Rendahnya minat baca di Indonesia adalah penyebab yang membuat konten video pada Youtube jadi pilihan yang paling disukai masyarakat Indonesia dibanding konten baca pada blog.
Kebiasaan Menonton Program TV Regular Via Youtube
Menonton TV sejak dulu memang menjadi aktivitas masyarakat Indonesia yang paling digemari. Tapi semenjak kehadiran Youtube, membuat kegiatan menonton TV secara langsung berpindah menuju platform digital tersebut.Â
Dengan menggunakan Youtube, masyarakat memang akan bisa mendapatkan banyak hal dibanding menonton program TV di perangkatnya. Salah satu hal yang paling disukai masyarakat saat melihat program TV di Youtube adalah bisa menonton episode yang tertinggal.
Memperhatikan Apa yang Ditonton Orang Lain
Berikutnya, karakteristik dari pengguna Youtube di Indonesia adalah memperhatikan apa yang ditonton orang lain. Entah mengapa dan apa sebabnya banyak pengguna yang ikut-ikutan menonton konten video Youtube dari orang lain. Mungkin hal inilah yang kemudian memacu munculnya konten viral.Â
Konten viral di Indonesia memang sangat memacu orang lain untuk melihatnya. Nah dari sinilah sebenarnya banyak pengguna Youtube di Indonesia yang selalu menonton setelah memperhatikan apa yang dilihat oleh banyak orang.
Belum Tahu Persis Apa yang Akan Mereka Tonton
Terakhir, karakteristik pengguna Youtube Indonesia adalah tidak tahu apa yang akan mereka lihat. Ini memang sedikit agak aneh, tapi fakta inilah yang terjadi di lapangan. Saat membuka Youtube, pengguna di Indonesia masih belum mengetahui apa yang akan ditontonnya.Â
Mereka biasanya akan melakukan penelurusan di bagian video populer yang sering dilihat pengguna lain. Lagi-lagi konten viral atau populer yang banyak dilihat orang lain, meniadi sesuatu yang lebih diminati pengguna Youtube di Indonesia.