Mohon tunggu...
Reza CahayaFattahillah
Reza CahayaFattahillah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Teknik Pertanian

Mahasiswa KKN BTV III UNEJ

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN BTV 3 UNEJ Meningkatkan Pengetahuan Sastra Indonesia pada Anak Usia Sekolah Dasar Selama Pandemi Covid-19

9 September 2021   23:48 Diperbarui: 9 September 2021   23:58 151
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Abstrak

Sejak mewabahnya virus COVID 19 ini, pemerintah membuat kebijakan baru untuk seluruh masyarakat supaya menerapkan physical/ social distancing. Para mahasiswa yang mengikuti program KKN Back to Village tentunya harus mentaati adanya kebijakan tersebut dengan menjalankan program kegiatan KKN di daerah tempat tinggal masing-masing. Sejak mewabahnya pandemi Covid-19, berdampak besar disetiap lini dan di berbagai sektor. Dunia pendidikan pun ikut merasakan dampaknya, di Desa Kalisat, Kecamatan Kalisat, Kabupaten Jember. Dampak dari physical/ social distancing bagi siswa di Desa Kalisat yaitu sistem pembelajaran yang semula kelas tatap muka kini dirubah menjadi pembelajaran online secara mandiri di rumah untuk memutus rantai penyebaran wabah COVID-19. Meski merasakan dampaknya, proses kegiatan belajar mengajar harus tetap berjalan, meskipun peserta didik berada di rumah. Dalam pandemi covid -- 19 ini banyak siswa sekolah dasar yang kurang belajar salah satunya materi sastra Indonesia yang sangat penting. Pada sekolah dasar pembelajaran sastra Indonesia bermaksud untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengapresiasi karya sastra.  KKN BTV 3 yang diselenggarakan Universitas Jember mahasiswa hadir untuk memberikan edukasi dalam pembelajaran anak. Metode yang digunakan dalam kegiatan berupa edukasi, presentasi, dan pelatihan. Hal yang dicapai yaitu terbentuknya anak yang kreatif dalam berkarya utamanya karya sastra Indonesia dan meningkatkan percaya diri dalam menampilkannya.

Kata Kunci : Covid-19, KKN BTV 3, Desa Kalisat, Literasi, Karya Sastra Indonesia

PENDAHULUAN

Desa Kalisat, Kecamatan Kalisat, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur. Kecamatan Kalisat mempunyai luas wilayah 53,48 Km2 dengan ketinggian rata-rata 281 m dari atas permukaan laut. Jarak Kecamatan ke Pusat Pemerintahan (Ibu kota) Kabupaten Jember adalah 17 Km. Kecamatan Kalisat memiliki batas wilayah Utara yaitu Kecamatan Sukowono, batas wilayah Timur yaitu Kecamatan Ledokombo, batas wilayah Selatan yaitu Kecamatan Mayang dan batas wilayah Barat yaitu Kecamatan Pakusari dan Kecamatan Arjasa. Kondisi geografis tersebut mendukung mata pencaharian mayoritas penduduk Desa Kalisat sebagai petani. Selain petani, sebagian penduduk bermata pencaharian sebagai pedagang, buruh, pegawai swasta maupun pegawai negeri sipil (PNS).

Sejak mewabahnya virus COVID 19 ini, pemerintah membuat kebijakan baru untuk seluruh masyarakat supaya menerapkan physical/ social distancing. Para mahasiswa yang mengikuti program KKN Back to Village tentunya harus mentaati adanya kebijakan tersebut dengan menjalankan program kegiatan KKN di daerah tempat tinggal masing-masing. Mahasiswa KKN dituntut untuk bisa mengabdi dan memberi kontribusi dalam mengatasi suatu permasalahan di daerahnya masing-masing. Sejak mewabahnya pandemi Covid-19, berdampak besar disetiap lini dan di berbagai sektor. Dunia pendidikan pun ikut merasakan dampaknya, di Desa Kalisat, Kecamatan Kalisat, Kabupaten Jember. Dampak dari physical/ social distancing bagi siswa di Desa Kalisat yaitu sistem pembelajaran yang semula kelas tatap muka kini dirubah menjadi pembelajaran online secara mandiri di rumah untuk memutus rantai penyebaran wabah COVID-19. Meski merasakan dampaknya, proses kegiatan belajar mengajar harus tetap berjalan, meskipun peserta didik berada di rumah.

Dalam pandemi covid -- 19 ini banyak siswa sekolah dasar yang kurang belajar salah satunya materi sastra Indonesia yang sangat penting. Pada sekolah dasar pembelajaran sastra Indonesia bermaksud untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengapresiasi karya sastra. Dalam sastra Indonesia hal dasar yang harus diketehui ialah melatih dan memupuk kebiasaan membaca pada anak -- anak. Dalam hal ini diperlukan literasi.

Literasi adalah kemampuan berba-hasa seseorang (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) untuk berkomu-nikasi dengan cara yang berbeda sesuai dengantujuannya. Teale & Sulzby (1986) mengartikan literasi secara sempit, yaitu literasi sebagai kemampuan membaca dan menulis. Oleh karena itu, adanya program KKN BTV 3 bertujuan untuk memeberikan edukasi berupa literasi dalam mengenalkan pada anak diusia sekolah dasar di Desa Kalisat pada materi  karya sastra Indonesia. Dengan demikian anak dapat mengetahui dan mengeksplor karya sastra Indonesia secara benar pada masa pandemic Covid-19.

METODOLOGI

Kegiatan KKN BTV 3 UNEJ dilaksanakan secara mandiri di Desa Kalisat, Kecamatan Kalisat, Kabupaten Jember. Kegiatan ini berlangsung selama 4 minggu yang dimulai pada tanggal 12 Agustus 2021 sampai 9 Semptember 2021. Dengan program literasi pada anak-anak sekolah dasar.

Metode pelaksanaan literasi dengan materi karya sastra Indonesia dilakukan secara bertahap pada tiap minggunya yang terdiri atas :

  • Observasi pada sasaran                                                                                                                                                                                                          Observasi ini dijadikan bahan dalam menyusun metode pembelajaran untuk memetakan permasalahan dan kerangka program kerja.
  • Pelaksanaan program kerja                                                                                                                                                                                                                  Kegiatan ini dibagai dengan 4 tahapan. Pada minggu pertama dilakukan pada tanggal 12 -- 18 Agustus 2021 dengan program kerja observasi dan diskusi pada salah satu guru. Tahapan kedua dilakukan pada tanggal 19 -- 25 Agustus 2021 dengan program kerja pengenalan materi dasar tentang karya sastra Indonesia. Tahap ketiga dilakukan pada tanggal 26 Agustus -- 1 September 2021 dengan membuat kelas karya sastra Indonesia. Tahapan keempat dilakukan pada tanggal 2 -- 9 September 2021 dengan program kerja mempublish berita media dan membuat artikel.
  • Pelatihan Karya Sastra Indonesia                                                                                                                                                                                    Kegiatan pelatihan ini terdiri atas 4 kali pertemuan secara offline yang dilakukan pada rumah salah satu sasaran yang dilakukan setiap pukul 14.00 WIB. Terdapat empat materi pelatihan yang disampaikan sebagai berikut :
  • Pengenalan Dasar Materi Sastra Indonesia tanggal 28, Agustus 2021
  • Mengapresiasi Karya Sastra Indonesi tanggal 1 September 2021
  • Menulis Karya Sastra tanggal 3 September 2021
  • Menampilkan Karya Sastra tanggal 7 September 2021                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                          PEMBAHASAN
    Kegiatan KKN BTV 3 UNEJ dengan tema literasi desa pada masa pandemic covid-19 merupakan salah satu kegiatan pengabdian masyarakat yang Kegiatan ini juga fokus pada peningkatan karya sastra Indonesia pada anak sekolah dasar. Dalam pandemi covid -- 19 ini banyak siswa sekolah dasar yang kurang belajar salah satunya materi sastra Indonesia yang sangat penting.
    Pada sekolah dasar pembelajaran sastra Indonesia bermaksud untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengapresiasi karya sastra. Dalam sastra Indonesia hal dasar yang harus diketehui ialah melatih dan memupuk kebiasaan membaca pada anak -- anak. Kebiasaan membaca dapat membantu perkembangan intelektual psikologi anak dan  membangkitkan daya imajinasi anak yang seolah -- olah mengalami mengalami peristiwa dalam karya yang dibaca. Pelaksanaan kegiatan ini, tentunya tidak sedikit ditemui tantangan dan hambatan yang cukup memerlukan usaha ekstra dalam mengatasinya. Dengan dilakukan pemberian materi yang tidak bikin siswa bosan dan tentunya semangat lah yang tumbuh agar senang mempelajari materi karya sastra Indonesia.
     Tahap pelaksanaan program kerja KKN Back to Village 3 dilakukan langsung oleh pihak mahasiswa secara mandiri dengan melibatkan anak sekolah dasar sebagai sasaran. Pelaksanaan awal dilakukan dengan mengenalkan hal dasar untuk lmemahami karya sastra Indonesia seeperti melatih gemar membaca buku. Kebiasaan membaca dapat membantu perkembangan intelektual psikologi anak dan  membangkitkan daya imajinasi anak yang seolah -- olah mengalami mengalami peristiwa dalam karya yang dibaca.
    Tahapan selanjutnya terdapat empat kelas yang bertujuan memperluas pengetahuan karya sastra Indonesia seperti Pengenalan Dasar Materi Sastra Indonesia, Mengapresiasi Karya Sastra Indonesi, Menulis Karya Sastra, Menampilkan Karya Sastra. Metode penyampaian materi dilakukan dengan kelas offline sehingga siswa dapat memahmi dengan jelas dan efektif.
    Beberapa hal yang didapatkan seperti senang membaca dan gembira mendengarkan cerita ketika dibacakan, sehingga anak -- anak dapat merasakan hiburan lewat cerita maupun untaian dalam puisi anak. Dengan tujuan menumbuhkan kesenangan pada buku, mengintrepetasi bacaan sastra, mengembangkan kesadaran bersastra, mengembangkan apresiasi dan menumbuhkan rasa kepercayaan diri pada anak.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                KESIMPULAN                                                                                                                                                                                                                            Berdasarkan hasil pelaksanaan KKN Back to Village 3 Universitas Jember tahun 2021 yang dilaksanakan di Desa Kalisat, Kecamatan Kalisat, Kabupaten Jember, dapat disimpulkan bahwa Kegiatan yang dilaksanakan memberikan gambaran bahwa kegiatan ini mengajarkan kepada anak-anak untuk menerapkan gemar membaca karena dasar memahami karya sastra ialah membaca. Selain itu, kegiatan ini juga mengajarkan kepada anak-anak agar tetap produktif disaat pandemi covid-19 melalui berbagai kegiatan positif yang dapat dilakukan dirumah masing-masing seperti membaca komik, dan berkreasi dalam karya sastra Indonesia, contoh menulis pantun dan puisi. Oleh karena itu, perlu diadakannya program sejenis secara kesinambungan untuk dapat ditingkatkan dengan baik.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                             DAFTAR PUSTAKA
    Teala, W. H., Sulzby., Elizabeth. 1986. Emergent Literacy:Writing and Reading: Abelex Publication Corp. University of Minnesota.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun