Mohon tunggu...
Reyvan Maulid
Reyvan Maulid Mohon Tunggu... Freelancer - Writing is my passion
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Penyuka Seblak dan Baso Aci. Catch me on insta @reyvanmaulid

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Fenomena Bystander Effect, Ada Kecelakaan Kok Malah Ditonton?

20 Oktober 2021   15:32 Diperbarui: 21 Oktober 2021   04:02 704 16 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi Bystander Effect | Sumber: stock.adobe.com

Apakah kalian pernah kejebak di sebuah keramaian atau kemacetan. Tetapi penyebabnya bukan karena habis adanya insiden tabrakan, melainkan ramai dengan orang-orang yang nonton dan penasaran dengan kecelakaannya?

Jujur ini terjadi banget sama saya waktu kecil. Pertama kali lihat temen sekelas ditabrak truk dari arah belakang. Pingsan di tempat kejadian, warga sekitar sekolah panik. Sontak warga-warga keluar berhamburan buat nonton dan pada bertanya-tanya kepada tukang becak, "Eh mas, tadi kecelakaan apa sama apa?", terus dijawab, "Sepeda sama truk, pak". Untungnya, teman saya cuma lecet di betis dan pingsan di tempat dan dua hari kemudian kembali masuk sekolah.

Terus, waktu pulang kampung dari Malang ke Mojokerto, saya naik bus dan pas banget sedang terjadi kemacetan yang sangat panjang. 

Ada sebuah truk menabrak sebuah rumah di pinggir jalan dan menyisakan ribuan botol kaca di jalan pecah berceceran dijalanan. Saya pun kaget, dan menengok dari kaca bus. Seketika banyak orang-orang menonton kejadian kecelakaannya. 

Banyak orang melakukan rekam video di TKP.  Tapi semakin ke sini semakin bertanya-tanya, kok ada kecelakaan bukannya ditolong malah asyik ditonton?  Terus sempat-sempatnya memotret langsung di tempat kejadian lagi. Kira-kira kenapa ya? 

Fenomena yang kerapkali tidak asing di sekitar kita ini sehari-hari seringkali disebut dengan Bystander Effect.

Bystander Effect merupakan sikap ketidakpedulian atau apatis seseorang maupun khalayak terhadap sebuah insiden kecelakaan atau peristiwa berbahaya lainnya. 

Respon individu yang mengalami Bystander Effect ini berbeda-beda terkadang setiap orang. Ada yang pura-pura enggak liat, ada yang bodo amat, ada yang kepo alias penasaran, ada yang sibuk nontonin dari ditabrak sampai bertengkar juga ada, ada yang rekam kejadiannya terus diunggah ke media sosial. 

Kelihatannya masalah ini sudah menjadi keseharian kita setiap ada yang mengalami peristiwa berbahaya, orang-orang terkadang merasa ketakutan. 

Mari kita cari tahu lebih dalam soal asal mula kemunculan dari fenomena Bystander Effect ini.

Asal Muasal Bystander Effect

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan