Mohon tunggu...
Reynal Prasetya
Reynal Prasetya Mohon Tunggu... Pemikir

Laki-laki sederhana yang gemar bertanya-tanya tentang segala hal di Semesta. Menyukai tantangan dan hobi melarikan diri dari rutinitas yang membosankan. Lebih senang menjadi tuan atas diri sendiri. Visioner, intuitif, pemimpi yang ulung dan kadang bisa menjadi kreatif di waktu-waktu tertentu...

Selanjutnya

Tutup

Hobi Artikel Utama

Dalam Hal Menulis, Anda Mau Menjadi Empu atau Tukang?

18 September 2020   17:08 Diperbarui: 19 September 2020   03:35 443 38 7 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dalam Hal Menulis, Anda Mau Menjadi Empu atau Tukang?
Ilustrasi oleh Engin Akyurt dari Pixabay

Dalam dunia tulis menulis kita amat mudah menemukan dua jenis penulis yang berlawanan. Ada seorang penulis yang jago mengupas satu topik, mendetail sampai ke akar-akarnya, adapula tipe penulis yang dia tidak selalu menghasilkan tulisan yang mendalam, namun mampu menuliskan topik yang beragam.

Lebih mudahnya sebut saja kedua tipe penulis itu adalah penulis Spesialis dan penulis Generalis.

Si penulis spesialis ini bisa dibilang sangat khatam, paham, dan tahu banyak tentang apa yang dia tulis. Dia seperti tidak ingin, malas dan tidak biasa menulis topik-topik lain diluar spesialisasinya.

Dia hanya ingin menuliskan apa yang dia suka, pahami, dan ketahui saja. Sisa nya, nyaris tidak ingin mencoba mempelajari topik atau bidang lain yang sama sekali bukan minatnya.

Berbeda dengan si penulis generalis, dia tidak sungkan-sungkan untuk menulis topik yang tidak dia sukai sama sekali,

Meskipun kadang hasil dari tulisannya itu tidak sebagus tulisan si spesialis yang mendetail, tajam dan mampu memuaskan para pembaca dengan pengetahuan dan wawasannya yang mendalam tentang topik yang dia tulis itu.

Kendati begitu, si penulis generalis ini bisa menuliskan topik apapun, walaupun pada prosesnya dia kadangkala mesti keteteran dan kelabakan sendiri karena harus menulis topik yang belum dia sukai dan dia pahami.

Saya sendiri pernah mempunyai idealisme seperti tipe penulis pertama tadi. Dimana saya berencana hanya akan menuliskan topik yang memang saya sukai dan kuasai.

Saya hanya ingin ahli dalam satu topik saja. Saya hanya ingin menuliskan topik yang saya pahami dan mengerti saja, sedetail-detailnya, dan setajam-tajamnya yang terpenting para pembaca puas dengan tulisan yang saya buat.

Memang betul pada akhirnya, para pembaca bersorak-sorai terpuaskan dengan hasil tulisan saya itu. Karena saya menyukai topik itu, mempelajari topik itu, membaca apa yang berkaitan dengan topik itu, dan paham banyak mengenai topik itu.

Jadi tidak heran apabila hasil dari tulisan itu menjadi berisi, "roh" dalam tulisan saya pun menjadi hidup.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x