Mohon tunggu...
Reynal Prasetya
Reynal Prasetya Mohon Tunggu... A Romantic Knights

A day in my life, Reading a book | Writting a poem | Sleep | Calling a girlfriend | and Enjoying a beautiful twilight ;) Find me on Social Media, IG : reynalprasetya | YouTube : Reynal Prasetya

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Artikel Utama

Diarahkan ke Mana Fokus dan Energimu Selama Ini?

7 April 2020   09:58 Diperbarui: 7 April 2020   15:17 229 7 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Diarahkan ke Mana Fokus dan Energimu Selama Ini?
Ilustrasi berpikir (Sumber : cbdhacker.com)

Selama manusia hidup, pikirannya akan tetap aktif bekerja. Memilah, mengamati, menimbang, memproses setiap informasi yang diterima oleh panca indera. 

Pikiran manusia begitu ajaib, karena bertindak sebagai pengendali atas tindakan kita. Secara spesifik lagi dapat dikatakan bahwa pikiran manusia bisa mengubah realita.

Kenapa bisa seperti itu? Sadarkah Anda bahwa setiap keputusan yang kita pilih, tindakan yang kita lakukan merupakan manifestasi dari pikiran kita sendiri.

Jadi, barangsiapa yang tak kuasa mengendalikan pikirannya, maka ia akan terus dipermainkan dan diperbudak oleh pikirannya sendiri. 

Sudahkah anda memanfaatkan kekuatan pikiran yang dianugerahkan Tuhan ini dengan optimal? Diarahkan ke mana saja fokus dan energi anda selama ini?

Kita tahu bahwa di dunia ini ada begitu banyak hal, fenomena, kejadian, peristiwa, tabir, dan misteri yang begitu menarik untuk diketahui.

Akan tetapi, mustahil sebagai manusia yang serba terbatas, kita dapat menampung, memproses, memikirkan, dan mengurusi hal-hal yang sebenarnya tidak begitu penting. Tidak semua kejadian, berita, fakta, gosip, bahkan konspirasi perlu kita komentari, perlu kita urusi.

Memang adakalanya kita perlu menaruh perhatian pada hal-hal yang sekiranya kurang beres. Adakalanya kita perlu ikut berkontribusi terhadap hal-hal yang mungkin bisa kita rubah. Adakalanya kita perlu mencurahkan pikiran untuk menawarkan ide dan solusi. Tentu dengan kadar yang tepat, di saat situasi dan kondisi yang tepat pula.

Mari berpikir realistis sedikit. Janganlah terlalu idealis sobat!

Bila anda berkenan, maka izinkan saya memberikan resep praktis agar anda senantiasa dapat mengontrol pikiran, fokus, dan energi Anda dengan baik, sehingga tidak mudah tergelincir untuk mengurusi dan memikirkan hal-hal yang kurang penting.

Ketika ada isu politik yang sedang hangat, ketika ada polemik pejabat yang bikin gaduh, ketika ada informasi yang belum tentu jelas sumbernya, ketika ada berita konspirasi dunia yang menghebohkan jagat maya, atau ketika ada teman yang mengajak anda berdebat tentang omnibus law misalnya, Anda pasti gerah kan? Tidak sabar untuk ikut berkomentar kan? Tidak sabar untuk menimpali dan mendebat balik dia pastinya ya?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x