Mohon tunggu...
Reyfa Eka Prasetyo
Reyfa Eka Prasetyo Mohon Tunggu... Never miss

Tan Hana Wighna Tan Sirna

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

7 Tips Panduan Merawat Motor Gede Yang Jarang Diketahui Masyarakat Umum

14 November 2020   23:03 Diperbarui: 15 November 2020   10:10 40 0 0 Mohon Tunggu...

JUMAT,13 NOVEMBER 2020

Sebagian besar warga Indonesia kerap memakai kendaraan pribadi paling utama motor. Pada biasanya warga banyak memakai motor bermesin kecil serta sedikit yang memakai motor bermesin besar ataupun biasa diucap moge, sebagian besar pengguna moge cuma sebagai motor hobi saja. Lumayan banyak pengguna moge  (motor gede) yang terparkir di garasi dalam waktu lama serta cuma sesekali digunakan. Supaya tidak berlangsung kerusakaan pada bodi serta mesin, hendaknya motor diperiksa dalam periode waktu tertentu. Pengecekan ini dibutuhkan supaya menghindari masalah-masalah yang pada umumnya kerap berlangsung pada moge. Terlebih lagi terjadi wabah diseluruh dunia termasuk Indonesia, hendak susah melaksanakan pengecekan secara berkala. Bagaimana metode merawat motor-motor besar tersebut pada saat berlangsungnya wabah seperti yang terjadi pada saat ini? Kami sudah merangkum 7 panduan merawat moge dari Donni Silaban selaku pengendara moge.

1. Memperhatikan ketegangan rantai 

Rantai ialah komponen dalam motor yang berfungsi untuk menyalurkan tenaga yang dihasilkan dari mesin serta digunakan untuk menggerakan roda. Bagian ini jadi aspek yang sangat mempengaruhi dikala motor sedang berakselerasi dengan kecepatan tinggi.

Sebab torsi dimotor- motor gede itu sangat buas, sehingga diwajibkan teratur mengecek ketegangan rantai." Torsi moge sendiri dapat dengan segera meregangkan rantai, lebih baik menerapkan pengecekan Minimun cek 1 bulan sekali," cetus Donni.

Diperlukan tenaga ekstra dalam mengecek ketegangan rantai, sebab komponennya lumayan besar. Terdapat dimensi tertentu supaya tidak begitu kencang ataupun tidak begitu kendor, kamu dapat mengeceknya dengan cara menggoyangkan rantainya dengan tangan.

 

2. Teratur mengganti oli

Oli ialah pelumas yang bekerja untuk memberikan lapisan pada bagian- bagian mesin yang tengah bekerja. Pelapisan oli dimesin ini berperan untuk memperhalus gesekan antara bagian mesin sehingga mesin bakal lebih lembut serta tidak segera panas.

“ Untuk perawatannya sendiri, kamu wajib teratur mengganti oli pada saat menyentuh 2 ribu km ekspedisi.” ucap Donni.

Motor yang kerap digunakan buat Tur/ melaksanakan ekspedisi jauh hendak mengurangi kinerja pelumas. Apabila oli pada motor tidak diganti, sehingga oli menjadi keruh serta terus akan menjadi kental. Mengenai ini sebaikanya wajib segera ditangani alias akan berakibat pada mesin motor yang rusak serta yang lebih parahnya tidak mudah dinyalakan kembali.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN