Mohon tunggu...
Oto Mania
Oto Mania Mohon Tunggu... Editor - Senang mengulas seputar otomotif

Senang mengulas seputar otomotif

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Tips Manajemen Waktu Perawatan Mobil Hyundai Saat Sibuk

2 Oktober 2023   16:10 Diperbarui: 2 Oktober 2023   16:17 186
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Photo by @hyundaimotorindonesia (Instagram)

Supaya mobil Hyundai kesayangan bisa terus memberikan performa maksimal dalam waktu lama, Anda perlu melakukan perawatan rutin di bengkel resmi Hyundai. Sayangnya, kesibukan yang padat membuat Anda tidak sempat membawa mobil ke bengkel. Namun, tak perlu khawatir karena ada tips efektif mengatur waktu untuk merawat mobil. Sebelum itu, pastikan dulu Anda tahu jenis perawatan yang dibutuhkan mobil Anda.

Apa Saja Perawatan yang Dibutuhkan Mobil Hyundai? 

Perawatan rutin mobil idealnya dilakukan berdasarkan jarak tempuh. Jenis perawatan berkala ini berbeda-beda pada tiap jenis mobil Hyundai. Anda tak perlu khawatir karena teknisi di bengkel resmi Hyundai akan menjelaskan detail servisnya kepada Anda. Beberapa di antaranya adalah:

  • Ganti oli tiap tiga bulan sekali atau saat jarak tempuh mobil sudah mencapai 3.000 km;

  • Pengecekan rem mobil;


  • Pengecekan spooring dan balancing roda mobil;

  • Pemeriksaan cairan, pastikan tidak meluber maupun berada di bawah tingkat 'Min';

  • Pemeriksaan kedalaman tapak ban.

5 Cara Bagi Waktu untuk Perawatan Mobil

Melakukan perawatan mobil secara berkala memang butuh waktu tidak sebentar. Di tengah sibuknya aktivitas harian, tidak dimungkiri bahwa hal tersebut sulit dilakukan. Kuncinya adalah pembagian waktu secara efisien, yang bisa Anda terapkan dengan tips-tips berikut ini:

  • Buat jadwal dan pengingat rutin

Tergantung dari jenis mobil Hyundai yang Anda miliki, jadwal servis atau perawatan mobil bisa berbeda-beda. Jadwal ini biasanya dapat Anda lihat pada manual car book yang pasti diberikan saat Anda membeli mobil. Catat seluruh jadwal servis tersebut pada aplikasi kalender di smartphone Anda, lalu aktifkan fitur reminder. 

  • Manfaatkan teknologi online booking 

Salah satu alasan banyak orang enggan melakukan servis mobil adalah waktu antre yang lama. Namun, Anda tak perlu mengalami hal tersebut karena bisa melakukan online booking melalui aplikasi myHyundai. Aplikasi mobile ini memiliki fitur Booking Service di mana Anda bisa sekaligus memilih jenis dan metode servis, lokasi bengkel resmi Hyundai, hingga pembayaran.

Menariknya lagi, myHyundai juga akan menampilkan informasi status proses servis mobil Anda secara real-time. Jadi, Anda bisa memperkirakan waktu yang dibutuhkan hingga servis selesai. Tak hanya itu, Anda bahkan dapat sekaligus melihat riwayat servis sebelumnya melalui aplikasi myHyundai. 

Tidak ketinggalan fitur Service Reminder yang tidak hanya mengingatkan jadwal servis berkala, tapi juga dapat menginformasikan jika ditemukan indikasi masalah pada mobil yang telah terintegrasi dengan aplikasi Hyundai Bluelink.

  • Pertimbangkan servis di rumah 

Bagaimana jika Anda tidak sempat mendatangi bengkel resmi Hyundai untuk servis berkala? Tak perlu khawatir, Hyundai menyediakan layanan Hyundai Mobil Service untuk mendatangkan teknisi ke rumah Anda, kantor, atau lokasi lain sesuai kebutuhan. Tim teknisi Hyundai akan melakukan prosedur yang sama seperti ketika Anda melakukan servis berkala di bengkel resmi.

Setidaknya, ada 17 jenis komponen mobil Hyundai yang akan mendapat pengecekan dan perbaikan, termasuk rem, aki, kopling dan transmisi, belt, mesin, pintu dan jendela, filter, knalpot, hingga cairan dan pelumas. Untuk melakukan servis melalui Hyundai Mobile Service, Anda bisa menghubungi call center Hyundai.

  • Gunakan layanan antar jemput kendaraan 

Bagi yang tinggal di wilayah Jabodetabek, Anda tetap bisa melakukan servis mobil secara berkala di bengkel resmi Hyundai tanpa harus datang langsung. Caranya adalah dengan menggunakan layanan Pick Up & Delivery Service. 

Melalui layanan ini, mobil Hyundai Anda akan diantar dan dijemput untuk mendapatkan servis di bengkel resmi. Dengan catatan, lokasi pengantaran dan penjemputan berjarak maksimal 20 km dari cabang bengkel resmi, ya. Sama seperti Hyundai Mobil Service, Anda juga bisa menggunakan layanan Pick Up & Delivery Service dengan menghubungi call center Hyundai.

  • Pilih bengkel dengan stok suku cadang yang memadai 

Saat melakukan perawatan mobil, terkadang muncul situasi di mana Anda harus mengganti suku cadang tertentu. Hal ini dapat menjadi masalah jika ternyata tempat servis yang Anda datangi tidak memiliki stok suku cadang tersebut, sehingga Anda harus menjadwalkan servis ulang di tengah padatnya kesibukan.

Oleh sebab itu, selalu servis mobil Anda di bengkel resmi Hyundai yang memiliki stok suku cadang memadai. Apalagi, Hyundai memiliki layanan 24 Hour Genuine Parts Availability. Dengan layanan ini, pihak bengkel atau dealer resmi harus bisa menyediakan suku cadang yang dibutuhkan dalam waktu 1x24 jam sejak Anda menandatangani Repair Order. Jika hal tersebut tidak bisa dilakukan, Anda akan berhak mendapat suku cadang gratis.

Dengan manajemen waktu yang efektif, melakukan perawatan mobil Hyundai secara berkala tak lagi mustahil. Apalagi, Hyundai menyediakan berbagai layanan yang dapat memudahkan Anda untuk servis mobil. Klik di sini untuk informasi selengkapnya!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun