Hiburan

Pengertian Endorse Artis

5 Januari 2017   20:33 Diperbarui: 5 Januari 2017   21:12 101778 1 1

Seringkali ketika kita browsing di instagram artis atau orang yang terkenal kita sering menjumpai kata-kata endorse. Salah satunya juga terdapat pada akun instagram Tas Batam. Misalnya "kak bisa endorse gak?", "kak kalau mau endose caranya gimana?". Pada awalnya saya juga kebingungan dan tidak mengerti arti kata endorse ini, apakah istilah atau singkatan tertentu.

Dan setelah bertanya kepada "mbah google" akhirnya saya menemukan jawabannya.

Pada dasarnya kata endorse berasal dari kata endorsement yang artinya adalah sebuah tindakan mendukung (support) atau setuju terhadap sesuatu.

Sebagai contoh misalnya artis Isyana Saras 008 menggunakan shampo Urang Aring dan mensuport perawatan rambut secara alami. Maka Isyana Saras 008 meng-endorse sampo Urang Aring. Dengan kata lain Isyana Saras 008 menyetujui dan mendukung penggunaan shampo dengan bahan alami.

Didunia online shop jaman sekarang agaknya pengertian tentang endorse bergeser. Endorse bukan lagi suatu kata yang berarti persetujuan dan dukungan, namun menjadi kata yang digunakan oleh pemilik barang atau jasa untuk memberikan intensif atau bahasa kerennya gratifikasi kepada artis yang mempromosikan produk tersebut. Biasanya endorse ini terjadi di instagram.

Sebagai contoh misalnya Ahmad Rafi yang seorang artis berfoto menggunakan kaos dari suatu online shop "Kaos Oblong", maka bisa dikatakan bahwa Ahmad Rafi sudah di endorse oleh online shop "Kaos Oblong".

Dalam hal endorse mengendorse ini, pihak online shop bersedia mengirimkan barangnya gratis untuk si artis dengan imbalan foto dan kata-kata misalnya si artis memakai tas kiriman online shop dengan caption "pakai tas dari OnlineBag makin kece, thanks OnlineBag".

Tak jarang artis yang juga meminta imbalan kepada online shop pengendorse, misalnya dengan menetapkan tarif misalnya 2jt rupiah untuk artis pendatang baru, dan lebih dari 10jt untuk artis papan atas, ditambah lagi barang yang ingin dipromokan. Dan biasanya juga foto dan caption dari sang artis hanya bertahan 1 minggu saja. Tentu saja beda management artis beda juga aturan yang ditetapkan.

Fenomena Endorse ini tak lain dan tidak bukan adalah salah satu bentuk promosi yang dilakukan online shop untuk menggaet konsumen baru. Dan jika foto dan caption dari artis ini sudah di posting, biasanya pihak online shop akan membesar-besarkan dengan memberi caption "Artis Aja Suka, Masa Kamu Enggak!". Dan begitulah selanjutnya baik follower artis tersebut maupun follower online shop tersebut akan mulai mengenal atau bahkan membeli produk online shop tersebut.