Mohon tunggu...
Reka Bertiningtyas
Reka Bertiningtyas Mohon Tunggu... Guru - guru

heaking

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Meningkatkan Motivasi Belajar PDBK Kelas IX pada Pembelajaran Matematika dengan Metode TGT berbantu Media Konkret materi Operasi Hitung Penjumlahan

8 Maret 2024   11:44 Diperbarui: 8 Maret 2024   12:00 121
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PDBK KELAS IX PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE TEAM GAMES TOURNAMET (TGT) BERBANTU MEDIA KONKRET PADA MATERI OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DUA BILANGAN

Lokasi                                     : SLB PANCA BHAKTI MAGETAN

Lingkup Pendidikan            : Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB)

Tujuan yang ingin dicapai  :

Meningkatkan motivasi belajar PDBK pada materi penjumlahan dan pengurangan dua bilangan pada  siswa kelas IX dengan penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT)berbantuan media konkret (papan jurang dan mangkok hitung)

Penulis                                    : REKA BERTININGTYAS

Tanggal                                   : 31 Januari 2024


Situasi yang menjadi latar belakang masalah adalah :

Saya yang berperan sebagai guru mempunyai  tanggungg jawab untuk melakukan proses pembelajaran ini secara efektif , dengan menggunakan metode, media, dan model pembelajaran yang tepat dan inovatif sehingga tujuan pembelajaran dan hasil belajar peserta didik bisa tercapai sesuai dengan yang di harapkan.

Tantangan :

Setelah menganalisis penyebab masalah rendahnya motivasi PDBK kelas IX pada pembelajaran matematika  yang saya lakukan adalah mewancarai guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah, Saya menemukan beberapa hal dari hasil wawancara tersebut antara lain:

  • Guru bisa menggunakan media konkret agar siswa lebih termotivasi
  • PDBK kesulitan dalam mengitung secara awang-awang untuk itu guru perlu memaksimalkan menggunakan model-model pembelajaran yang sesuai dan media nyata.
  • Guru harus mengubah atau menggunakan berbagai metode mengajar, model pembelajaran sesuai karateristik PDBK
  • Pemilihan metode, media yang sesuai karater PDBK memancing siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran.

Kemudian tantangan untuk rendahnya motivasi PDBK kelas IX adalah:

  • Sebagian siswa ada belum hafal bentuk-bentuk angka
  • Siswa hanya menulis tanpa tahu maksud dan tujuan.
  • Guru harus berpikir keatif dalam mencari ide tentang model pembelajaran, metode yang digunakan dan media yang tepat bagi siswa agar mampu meningkatkan motivasi belajar pada matematika. Guru harus menggunakan alat peraga yang dapat meningkatkan pemahaman siswa.

Aksi :

Dalam melaksanakan aksi langkah-langkah yang digunakan sebagai berikut:

1. Menyusun modul ajar/ RPP Proses menyusun:

  • Identifikasi CP/ATP
  • Tujuan Pembelajaran
  • Menentukan model pembelajaran serta media pembelajaran yang digunakan
  • Menyusun langkah-langkah pembelajaran dengan media pembelajaran dan metode pembelajaran TGT.

2. Mengembangkan instrumen penilaian: penilaian sikap (observasi selama proses berlangsung), penilaian pengetahuan (tes tertulis diakhir pembelajaran), penilaian keterampilan (rubrik selama proses pembelajaran dalam kelompok) Proses penyusunan:

  • Membuat asesmen
  • Menyusun kisi-kisi penilaian
  • Menyusun rubrik penilaian pengetahuan, sikap dan keterampilan
  • Membuat LKPD kelompok dan membuat soal berbasis HOTS
  • Membuat LKPD mandiri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun