Mohon tunggu...
Regina Lee
Regina Lee Mohon Tunggu... Universitas Bina Nusantara

Mahasiswi Universitas Bina Nusantara

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Rahasia Menarik Seputar Mukbang

4 Desember 2019   23:25 Diperbarui: 4 Desember 2019   23:27 0 1 1 Mohon Tunggu...
Rahasia Menarik Seputar Mukbang
sumber The Denizen

Pernahkah anda mendengar kata "mukbang"?,  bagi para pecinta kuliner khususnya makanan, tentu saja sudah tidak asing lagi dengan kata "mukbang". Dikutip dari IniKpop,Mukbang () berasal dari kata "meoknun" () dan "bangsong" () yang memiliki arti makan dan broadcast (siaran). Singkatnya, mukbang adalah tayangan seseorang yang sedang menyantap makanan dan biasanya disiarkan secara live. Atau bisa kita singkat lagi jadi makan online. Mukbang Korea menjadi tren karena orang Korea tidak terbiasa makan sendirian di luar rumah. Maka dari itu, mencari teman makan secara online dengan menonton atau mengadakan mukbang dianggap sebagai pilihan lebih baik bagi mereka yang sedang tidak memiliki teman makan.

Tren makan banyak ini sudah jadi konten andalan para Youtuber Indonesia sekitar beberapa tahun belakangan, khususnya yang punya channel seputar jelajah kuliner. 

Dengan kemampuan makan mereka, seringkali para Youtuber mukbang ini diundang ke berbagai macam restoran dan mencoba berbagai makanan secara gratis. Ini juga kesempatan bagi para Youtuber untuk menghasilkan uang dari view yang didapat dari Youtube. Bagi para youtuber mukbang Korea maupun Indonesia, mukbang dapat menjadi profesi yang menjanjikan. Di Korea sendiri, Youtuber yang sudah populer, pendapatannya bisa mencapai ribuan dollar per bulannya.

Mengapa video mukbang ini sangat terkenal dan digandrungi oleh banyak orang? Penyebab utamanya adalah konten ini menjadi konten yang menarik serta menghibur untuk orang-orang yang suka makan. 

Selain itu, dengan menonton video mukbang ini juga dapat membantu orang-orang yang sedang berdiet untuk menahan nafsu makan mereka. Sebagian orang merasa sudah terwakili makan setelah menonton mukbang. Hal ini berguna bagi sebagian orang yang sedang berdiet, karena hanya dengan menonton video mukbang mereka akan merasa kenyang tanpa harus makan.

Namun banyak sekali pertanyaan yang muncul akibat tren yang ramai ditonton oleh pengguna youtube ini, Bagaimana mereka bisa tetap kurus walaupun makan dengan porsi yang sangat banyak? Kenapa mereka kuat makan dengan porsi yang berkali-kali lipat dari porsi normal?

Menurut Muhammad Daiva Mahardika, Selain karena memang tipe tubuh mereka yang sulit gemuk,ada dua alasan lain kenapa youtuber terkenal dengan konten makan banyak tidak menjadi gemuk, yaitu olahraga dan diet. Ketika di depan kamera, mereka memang makan dengan lahap dengan porsi yang tidak wajar. Akan tetapi setelah proses shooting selesai, mereka sangat menjaga pola makan mereka dan juga mengurangi porsi makan mereka tidak seperti saat di depan kamera.

Menjadi youtuber mukbang adalah profesi yang menjanjikan dan sebuah konten yang cukup menarik untuk diikuti oleh banyak orang, namun ketika menjadi seorang youtuber mukbang, tentu para youtuber harus bisa mengimbangi makanan dengan olahraga sebagai tindakan kompensasi atas asupan yang dikonsumsi untuk mencegah peningkatan berat badan. Konsumsi makanan yang besar harus diimbangi dengan pengeluaran energi yang besar pula, karena dengan begitu keseimbangan kalori akan tercapai.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x