Mohon tunggu...
Regina DelvianiPutri
Regina DelvianiPutri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Pascasarjana Linguistik

Linguistik

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan

Hangatnya Idul Fitri Tahun Ini

16 Mei 2022   20:06 Diperbarui: 16 Mei 2022   20:09 271 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kisah Untuk Ramadan. Sumber ilustrasi: PAXELS

Seperti yang kita ketahui bahwa dua tahun terakhir pemerintah melarang masyarakat Indonesia untuk melakukan mudik saat idul fitri karena kasus covid-19. Idul fitri terasa berbeda tanpa pulang kampung dan berkumpul bersama keluarga. 

Idul fitri adalah hari yang ditunggu-tunggu oleh umat Muslim. Idul fitri juga dikenal dengan hari kemenangan. Hari kemenangan bagi umat muslim yang telah melaksanakan ibadah puasa dan menahan hawa nafsu selama satu bulan lamanya. 

Perayaan idul fitri dilakukan dengan berkumpul bersama keluarga. Istilah yang sering didengar saat mendekati hari idul fitri adalah mudik. Mudik dilakukan oleh orang-orang perantauan untuk kembali ke kampung halaman merayakan idul fitri. 

Tujuan mudik adalah untuk berkumpul bersama keluarga dengan melaksanakan shalat ied bersama, saling bermaaf-maafan, makan bersama dan berziarah ke makam. Mudik juga disebut dengan istilah pulang kampung

Setelah dua tahun terakhir, semenjak adanya covid-19, perayaan idul fitri terasa berbeda. Pemerintah melarang masyarakat Indonesia untuk melaksanakan mudik, mengingat kasus covid-19 belum berakhir. 

Tahun ini, masyarakat Indonesia mendapatkan kabar baik bahwa pemerintah memperbolehkan untuk melaksanakan mudik dan bersilaturahmi bersama keluarga di kampung halaman. Dilihat dari beberapa media berita online, mudik tahun ini mencapai rekor tertinggi. Volume kendaraan meningkat dari tahun 2019.

Setelah dua tahun pemerintah tidak memperbolehkan untuk melaksanakan mudik, akhirnya tahun ini televisi dan sosial media kembali ramai memberikan informasi tentang arus mudik yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia. 

Salah satu sosial media seperti Instagram juga kembali ramai dengan unggahan foto dan video bahagianya berkumpul dengan keluarga di kampung halaman. Perayaan idul fitri tahun ini kembali hangat. 

Terdapat berbagai makna pada hari idul fitri, yaitu makna silaturahmi dan kebersamaan dengan pulang kampung dan berziarah ke makam. Makna kesucian telah melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan. 

Makna keikhlasan dengan saling bermaaf-maafan. Makna berbagi dengan melakukan zakat fitrah. Makna kemenangan dengan memasak dan membeli baju baru sebagai tanda syukur telah berhasil melakukan puasa dibulan yang suci.

Kebahagiaan masyarakat Indonesia yang kembali dapat merayakan idul fitri bersama keluarga semakin terlihat dengan banyaknya unggahan di sosial media. Kemenangan di hari raya idul fitri ini juga sangat terasa. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Lihat Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan