Lingkungan Pilihan

Ketika Teknologi Pertanian dan Pemasaran Semakin Canggih kita Jangan Diam Diri

14 September 2018   21:34 Diperbarui: 14 September 2018   21:52 361 12 2

    Tahu kah anda bahwasanya pertanian di Indonesia adalah salah satu pekerjaan yang banyak di lakukan oleh orang Indonesia pada zaman dulu .

Indonesia terkenal sebagai negara agraris dan kekayaan alam yang sangat di idamkan oleh negara lain. jadi kita harus menjaga julukan agraris dan kekayaan alam kita ini  dengan kita tidak malu menjadi petani. di era sekarang adalah era 4G dan juga berpengaruh pada dunia pertanian karena pertanian juga memiliki kemajuan teknologi yang sangat cepat dan pesat . 

Pertanian di era sekarang sangat berbeda jauh dari era dulu. Di negara-negara lain yang dulu tidak bisa di tanami sekarang sudah menjadi penghasil hasil pertanian yang besar. Sekarang sudah banyak teknik-teknik cara menanam sayuran dan berternak binatang yang sangat canggih dan unik. 

Ada yang menanam sayuran dengan hidroponik. Dengan menerapkan  teknik hidroponik  kita dapat menanam banyak bibit dengan lahan yang tidak terlalu luas. Bukan hanya itu di bidang  peternakan juga ada banyak cara yang canggih pula. 

Sekarang sudah banyak di temukan alat-alat pertanian yang modern dan sangat membantu petani  contohnya petani era dulu dan di era sekarang yakni zaman yang banyak di bilang era 4G. Dahulu menanaman padi harus menghabiskan waktu yang sangat lama. Sekarang berbeda lagi, dengan berkembangnya teknologi pertani mencangkul lahan yang di era dulu dengan mengunakan  alat sederhana bisa menghabiskan  waktu yang lama, beda lagi dengan yang haya hitungan jam, sekarang mencangkul lahan yang luasnya berratus meter juga  tidak lah lama dengan mengunakan traktor. 

Di samping pekerjaan cepat ini juga tidak menghabiskan energi yang sangat besar. Menanam bibit padi juga tidak harus mengeluarkan energi yang banyak soalnya sudah di ciptakan alat untuk menanam padi, tidak seperti dulu yang harus  menanam satu demi satu bibit padi  di sawah. Dan dalam memanen kita tidak lah harus capek-capek untuk memanen padi yang banyak karena dengan kecanggihan teknologi sekarang sudah tercipta sebuah alat untuk memanen padi. Itu juga padi yang di panen juga sudah dipisahkan antara gabah padi dengan batang padi . 

Jadi para petani tidak usah repot-repot memilah padi,tinggal masukkan gabah dalam karung. Kecanggihan teknologi saat ini bukan hanya membantu tetapi sangat memenuhi kebutuhan para petani agar tidak banyak mengeluarkan tenaga dan waktu. Di samping teknologi pertanian yang canggih  di sektor pemasaran hasil pertanian kini sudah semakin canggih karena kita tinggal foto hasil pertanian dan di kirim di pasar online . 

Tidak seperti dahulu memasarkan hasil pertanian harus memasarkan sendiri di pasar-pasar tradisional yang harga hasil pertanian itu sangatlah rendah , bukan hanya harganya yang murah ini juga membutuhkan waktu dan tenaga yang sangat banyak. Berbeda lagi dengan sekarang untuk memasarkan hasil pertanian hanya mengandalkan teknologi yang canggih. 

Pemasaran tinggal upload iklan penjualan di pasar online nanti udah ada yang menawar kita tidak usah capek-capek kesana kesini untuk menawarkan barang yang kita jual cukup duduk di rumah saja, sambil menunggu tawaran yang di berikan pada kita dari costumer dan jika deal pengiriman juga sudah canggih dengan menggunakan Alat transportasi yang canggih pula kita mau mengirimkan barang-barang yang sudah di beli orang kita tinggal mengunakan mobil box yang sudah ada pendinginan jika kita mau mengirimkan sayur atau barang yang tidak tahan lama kesegarannya. Jadi kita tidak perlu khawatir kalau barang yang kita kirim tidak segar sampe tujuan . 

Karena dengan mobil itu barang yang di kirim akan masih segar sampai di tempat tujuan tidak ada yang busuk atau rusak . Jadi sekarang sudah jelas bahwa teknologi akan membantu para petani untuk mewujudkan impian mereka . 

Nah sekarang kamu masih ragu jadi petani muda coba pikirkan kembali sektor pertanian sekarang sudah canggih kita tidak harus berkotor"an, capek"an untuk menanam. Generasi muda jadi petani juga keren kok , marilah kita majukan pertanian di Indonesia karena Indonesia membutuhkan kalian untuk membangun dan memberikan Indonesia bahan pangan .

Mungkin hanya ini yang bisa saya sampaikan semoga bisa memotivasi generasi muda untuk bertani dan menghidupkan pertanian.