Mohon tunggu...
Rd.
Rd. Mohon Tunggu... Lainnya - .

tentang buku, sepeda, debian, motor tua, musik, makanan, bubin LantanG dan bang Rhoma

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Blogwalking, Masihkah Sempat?

8 November 2022   12:51 Diperbarui: 8 November 2022   12:58 88
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

Maksudnya tentu saja berkeliling menyambangi blog yang dikelola pribadi, tak termasuk berkeliling ke rumah-rumah di kompasiana.  Kalau di sini sih, karena ibarat rumah-rumahnya ada di satu kampung jadi saling bertamu itu sudah hal yang biasa.

Masalahnya sekarang, menemukan blog yang masih aktif saja tidak semudah dulu, saat blog masih sesuatu yang menarik karena web 2.0 belum ada dan media sosial belumlah seramai sekarang.  Makanya sering merasa senang menemukan kawan yang masih rajin update postingan di blognya.

Saya suka menyimpan feed blog-blog yang menarik untuk dibaca di aplikasi feedly.  Jadi akan ada notifikasi apabila ada blog yang saya ikuti memperbaharui tulisannya.

Sayangnya kian hari notifikasi feedly semakin sepi, sepertinya para penghuni blog banyak yang sudah nyaman bercerita di media sosial, baik berupa teks maupun gambar atau malah audio visual.  Semua yang serba singkat dan relatif terbit memang menyenangkan, terlebih juga cepat mendapatkan respon dari para pengikut dan kawan.

Berbalas komentar di kolom komentar blog pribadi pun sekarang adalah hal yang langka, terkadang saking langkanya malah memberitahu empunya blog lewat akun media sosial bahwa sudah meninggalkan jejak komentar,  sungguh absurd.

Makanya pada akhirnya, media menulis berbasis web 2.0 seperti Kompasiana ini pada akhirnya menjadi jalan tengah, antara ingin menyampaikan pendapat pribadi melalui tulisan tapi juga sekaligus mendapatkan tanggapan yang relatif cepat.

Walaupun begitu, blog pribadi sebagai wadah untuk menyampaikan uneg-uneg secara personal dengan gaya bebas sebebas-bebasnya masih menarik untuk dikelola dan diikuti.  Makanya selain menunggu update blog kawan-kawan yang sudah tercatat di feedly, terkadang saya masih suka berkeliling mengetuk pintu rumah blog-blog yang belum pernah disambangi, melihat-lihat isinya, dan terkadang iseng meninggalkan jejak komentar di situ.

Sepertinya kalimat "sudahkah anda blogwalking hari ini?" yang dulu terdengar akrab, sekarang sudah berganti menjadi "sudahkah anda update media sosial hari ini?"

Tapi tenang saja, masih ada orang yang suka sesekali berjalan-jalan berkelana dari blog yang dirasa menarik untuk dibaca, selain tentu saja berkelana mencari tulisan-tulisan bagus di kompasiana: saya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun