Mohon tunggu...
Rd.
Rd. Mohon Tunggu... Lainnya - .

tentang buku, sepeda, debian, motor tua, musik, makanan, bubin LantanG dan bang Rhoma

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Beberapa Fungsi Menarik Google yang Sering Terabaikan

8 November 2022   06:55 Diperbarui: 8 November 2022   07:50 289
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
foto dari cnbcindonesia.com/

Seiring berkembangnya teknologi, bertambah pula fitur yang dapat dipergunakan di gawai, terutama telepon genggam.  Yang paling terasa tentu saja fungsi pencarian di dunia internet.  Semenjak google hadir, segala yang ingin diketahui bisa dicari.  Fungsi google memang tak bisa terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, sampai-sampai muncul istilah googling terkait aktivitas pencarian di internet dengan mesin pencari google.  

Sampai akhirnya google pun tak sekedar mesin pencari, ada beberapa fungsi yang dikembangkan oleh google, terutama optimalisasi pencarian yang tak cuma berbasis teks dan juga fungsi penyimpanan yang tak jarang terabaikan.  Berikut beberapa contohnya.

Google Contact.

Beberapa kali menemukan kawan yang mengeluhkan nomor kontaknya yang hilang gara-gara gawainya rusak, dan tiap kali terjadi kejadian seperti itu pula saya menyarankan agar nomor kontak di simpan di google saja jangan disimpan di penyimpanan internal telepon genggam, karena hal tersebut melelahkan.  Harus meminta lagi nomor kontak rekan dan kawan untuk kemudian kembali disimpan satu persatu.

Kalau dulu biasanya mengakalinya dengan mengekspor daftar nomor kontak menjadi file berekstensi .csv yang disimpan untuk nanti disimpan sewaktu-waktu jika handphone rusak.  Sekarang dengan adanya fitur google.contact, semua nomor bisa diseting otomatis agar tersimpan di sana.  Gonta ganti telepon genggam tak menjadi masalah lagi, karena seiring login dengan akun google di gawai baru, semua kontak yang tersimpan otomatis bisa langsung digunakan.

Google Drive

Ini salah satu fungsi yang seringkali tidak dioptimalkan bahkan diabaikan penggunanya.  Sistem penyimpanan google drive ini sangat membantu untuk mengarsipkan data-data digital yang dimiliki penggunanya.  Saya sendiri semenjak diajari seorang untuk menyimpan arsip digital semua data pribadi yang dimiliki, menjadi semakin terbantu dengan adanya penyimpanan di cloud ini.

Jika sebelumnya biasa menyimpan hasil scan data pribadi seperti ijazah, KTP, dan data lainnya di flash disk atau hard disk komputer, maka sekarang semuanya tersimpan juga di google drive.  Kapasitasnya yang sekarang sudah 15 Gb sudah cukup untuk menyimpan banyak hal.  Jikalau masih kurang bisa berlangganan tambahan kapasitas penyimpanan yang tak begitu mahal pula.

Keuntungannya data jadi aman dan bisa diambil sewaktu-waktu jika diperlukan.  Misal perlu fotokopi ijazah untuk suatu keperluan, bisa langsung diunduh untuk kemudian diprint, tak perlu lagi repot mencari lembar fisik ijazah untuk dibawa ke tukang fotokopi.

Google Lens

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun