Mohon tunggu...
Rd.
Rd. Mohon Tunggu... Lainnya - .

tentang buku, sepeda, debian, motor tua, musik, makanan, bubin LantanG dan bang Rhoma

Selanjutnya

Tutup

Book Pilihan

Buku Mengecewakan yang Tidak Sesuai Harapan

2 November 2022   13:09 Diperbarui: 2 November 2022   14:34 118
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
foto sampul buku Lupus dari gramedia.com

Membaca status seorang kawan, tentang tweet seseorang yang mempermasalahkan buku Lupus karya Hilman yang dicetak ulang.  

Yang menjadi masalah adalah ada beberapa kalimat yang diganti dengan konteks di masa sekarang, akhirnya seakan-akan maksa karena akhirnya jadi tidak nyambung.

Buku Kejarlah Daku Kau Kujitak yang terbit tahun 1986, tentu saja menggambarkan bagaimana situasi anak SMA di jaman itu, waktu gaya rambut Lupus pun ceritanya mengikuti anggota band Duran-Duran yang sedang hits. 

Di tangkapan layar terlihat bagaimana rambut lupus malah disamakan jadi Siwon, anggot boyband Super Junior yang baru lahir setahun setelah buku Hilman tersebut diterbitkan.

Mungkin maksudnya bagus, menyesuaikan dengan kondisi di era generasi alfa, karena berdasarkan klarifikasi dari Gramedia Pustaka Utama yang menerbitkan ulang buku tersebut.

 Hilman sendiri yang mengubah beberapa kalimat dalam cerita klasiknya tersebut di tahun 2013.  Tentu saja pembaca yang berharap bisa bernostalgia dengan kisah aslinya menjadi ada yang janggal.

Saya sendiri pernah kecewa dengan serila Noni karya bung Smas yang dicetak ulang dengan gambar sampul yang sama sekali tidak menggambarkan seorang Noni dalam cerita aslinya. 

Ada pula beberapa ilustrasi di dalamnya yang berubah, walaupun rasanya secara garis besar alur kisahnya tidak berubah, tapi tetap saja perombakan yang niatnya mengikuti perkembangan jaman jadinya malah aneh. 

Akhirnya buku tersebut akhirnya terabaikan dan memilih berburu buku-buku aslinya, walau harus mengumpulkannya dengan sabar lewat pencarian di toko online.

Selain perubahan konten, ada satu hal lagi yang merupakan kekecewaan pribadi akibat memesan buku jauh-jauh hari, tapi setelah pesanan sampai, sama sekali tak sesuai bayangan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun