Mohon tunggu...
Rudi I
Rudi I Mohon Tunggu... Mahasiswa - Sedang belajar sastra Inggris 🇬🇧
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Selamat datang di blog yang membahas tentang kebarat-baratan

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Pengaruh Perkembangan Teknologi terhadap Pemikiran Manusia

16 Juni 2021   11:45 Diperbarui: 16 Juni 2021   12:06 140 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pengaruh Perkembangan Teknologi terhadap Pemikiran Manusia
Sumber gambar: www.danamon.co.id

Era digital merupakan zaman dimana peradaban manusia bergerak terus dalam masyarakat global dan menjadi bagian dari proses manusia global tersebut. Kehadirannya membawa perubahan yang cukup besar bagi kehidupan, baik itu bersifat positif maupun negatif. Era digital juga bisa disebut dengan globalisasi. 

Menurut Wikipedia, globalisasi artinya proses integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek-aspek kebudayaan lainnya. 

Sebagai contoh dimulainya era digital dengan munculnya alat transportasi dan komunikasi. Perubahan itu dilatar belakangi oleh pikiran manusia yang tidak terbatas. Manusia selalu ingin menciptakan inovasi-inovasi baru yang nantinya akan mempermudah kehidupan manusia dimasa mendatang.

Perkembangan dan perubahan teknologi di era digital berpengaruh pada pola pemikiran manusia. Pola pikir manusia itu ditentukan oleh apa yang terjadi di sekitarnya. 

Dengan adanya teknologi yang canggih dapat mempermudahkan dalam mengakses informasi. Akses terhadap informasi dapat dilakukan kapanpun, dimanapun, dan oleh siapapun. Hal ini akan membantu kita informasi dan pengetahuan yang kita miliki. Selain itu, kita juga dapat melakukan berbagai kegiatan dalam satu waktu (multitasking). Misalnya bermain smartphone sambil mendengarkan musik.

Seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi, pengguna media dan informasi, khususnya kaum muda akan menghadapi banyak tantangan. 

Komputer dan smartphone dengan kemampuannya yang luar biasa telah memberikan suatu fenomena baru yang bernama googlization, yaitu suatu keadaan dimana mengakses informasi secara online dan menemukan jawaban pada situs web telah menjadi sangat mudah sehingga seseorang tidak lagi menghafalnya dan telah terbentuk secara global. 

Kecenderungan inilah mengakibatkan kita menjadi kecanduan menggunakan mesin pencari, menjadi kesulitan untuk mencerna informasi, sampai pada akhirnya tidak lagi mampu membaca dan memahami artikel yang panjang dengan mendalam. 

Sebuah studi terkini yang dilakukan oleh Mind Edge menunjukkan bahwa banyak anak muda sekarang mengalami banyak permasalaham umum yang dikarenakan adanya era dan media digital.

Bukan hanya itu, ternyata masyarakat di sekitar saya berpendapat bahwa di era digital ini banyak orang yang lupa akan tugasnya. Baik muda maupun tua semuanya pasti mengalaminya. Misalnya, di saat kumpul bersama teman-teman kita, mereka lebih cenderung memainkan ponsel mereka daripada mengobrol satu sama lain. Jika hal ini terus dilakukan, maka akan menyebabkan kurangnya komunikasi sehingga terjadi perpecahan.

Perkembangan era digital memang sangat memudahkan urusan kita. Dari komunikasi hingga kegiatan komputasi, semua memungkinkan kita untuk bekerja secara efektif. Namun, apakah itu benar-benar tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kebiasaan berpikir kita?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x