Mohon tunggu...
Raymond J Kusnadi
Raymond J Kusnadi Mohon Tunggu... Freelancer - Menulis adalah sebuah keberanian

http://www.unite-indonesia.blogspot.com/

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Rasisme di Renang Olimpiade Tokyo

3 Agustus 2021   00:44 Diperbarui: 3 Agustus 2021   00:48 173 20 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Rasisme di Renang Olimpiade Tokyo
AliceDearing (Twitter @alicedearingx)

Alice Dearing dilarang menggunakan topi renang dalam Olimpiade 2020 di nomor renang maraton 10.000 meter perempuan.  Penutup rambut (hair cap) yang dipakainya dinyatakan tidak sesuai standar.

Dearing adalah perenang perempuan kulit hitam pertama di Tim Olimpiade Inggris.  Ia memiliki jenis rambut yang sangat tebal.  Topi renang biasa yang selama ini dipakai, tidak bisa menutupi rambutnya karena saking tebalnya. 

Sebagai gantinya, ia menggunakan topi renang lain yang berukuran besar.  Topi yang bernama Soul Cap yang digunakannya adalah topi renang berbahan silikon dengan ukuran ekstra besar. 

Penutup rambut ini dirancang khusus untuk melindungi rambut keriting, gimbal, kepang, dan jenis rambut lainnya yang memiliki ketebalan lebih dibandingkan rambut lurus biasa.

Adalah Federasi Renang Internasional (FINA) yang melarang penggunaan penutup rambut tersebut di Olimpiade Tokyo.  

Induk olahraga renang dunia itu menyatakan bahwa tidak ada perenang sebelumnya yang memakai "topi dengan spesifikasi dan ukuran seperti itu."

Pelarangan ini segera menjadi viral di media sosial dan di kalangan perenang kulit hitam.  Petisi protes langsung mendapat banyak dukungan melalui kanal Change.org yang sudah mencapai 74.800 dari target 75.000 tanda tangan.

Dearing, sebagai duta Soul Cap sekaligus pendiri Asosiasi Perenang Kulit Hitam menyatakan kekecewaannya.  Dan bagi orang kulit hitam, kasus ini tidak sekedar mengenai larangan topi renang tapi mencerminkan bentuk ketidakadilan dari aspek yang lain.

Kurangnya partisipasi perenang kulit hitam

Perenang perempuan dunia bisa dihitung dengan jari.  Sebutlah nama Simone Manuel, perenang perempuan kulit hitam pertama yang berhasil memenangkan emas Olimpiade. Selain Manuel, Tim Renang Amerika hanya memiliki dua perempuan kulit hitam, satu lagi adalah Natalie Hinds.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN