Mohon tunggu...
Raymond GivencheTampubolon
Raymond GivencheTampubolon Mohon Tunggu... Lainnya - Raymond

blessed

Selanjutnya

Tutup

Fesyen

Fashion yang Mempunyai Potensi Besar dalam Industri Kreatif

22 Desember 2020   10:15 Diperbarui: 2 November 2021   12:00 5517 0 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
ilustrasi industri fashion Indonesia. (photo by sam lion from pexels)

Kegiatan ekonomi yang digerakkan melalui peranan intelektual oleh sumber daya manusia merupakan definisi dari kegiatan industri ekonomi kreatif. 

Pada awal tahun 2006, prospek ekonomi kreatif mulai dilirik dan akhirnya melahirkan sebanyak 16 sub sektor industri kreatif di Indonesia. Salah satu dari sekian banyak sub sektor industri tersebut adalah sektor di bidang fashion. 

Berdasarkan diagram kontribusi pendapatan tahun 2006 dalam bidang industri kreatif, sektor fashion mendapatkan angka sebanyak 43,71% yang mana angka tersebut memimpin dari 16 sub sektor industri kreatif yang ada di Indonesia. Fashion merupakan cara seseorang untuk menyalurkan ekspresinya melalui sarana aksesoris, baju, sepatu, hingga riasan wajah. 

Fashion mempunyai siklus yang biasa disebut dengan siklus fast fashion di mana permintaan akan sangat meningkat pada beberapa waktu sehingga akan sulit untuk diprediksi sejauh apa trend fashion tersebut akan berlangsung. 

Namun, pada kenyataannya sektor fashion tetap bisa menjadi daya tarik bagi konsumen untuk meningkatkan nilai pendapatan negara.

Unsur-unsur fashion akan selalu dipakai dan dicari oleh khalayak. Mengapa? Karena basic dari fashion sendiri yang bisa berkembang dengan cepat seiring dengan keinginan konsumen seperti yang sudah dikatakan di atas. Orang akan berusaha untuk memenuhi kebutuhan estetikanya dengan kegiatan produksi maupun konsumsi. 

Maksudnya adalah ketika seseorang akan menentukan pilihannya untuk menjadi pendiri atau bagian dari sektor industri kreatif di bidang fashion itu sendiri atau hanya sekadar menjadi seorang konsumen. 

Fenomena dari cepatnya perkembangan fashion yang ada di dunia ataupun di Indonesia sendiri pun merupakan cerminan dari suatu kreativitas, di mana kreativitas tersebut merupakan pilar dari pergerakan sektor industri kreatif yang ada di Indonesia. 

Kreativitas dari pemikiran yang dimiliki oleh seseorang bisa dituangkan dalam bentuk produk dan jasa. Selain itu, kreativitas juga membuka peluang untuk adanya lapangan pekerjaan baru guna untuk mensejahterakan masyarakatnya.

Pengembangan wirausaha industri baru yang berbasis ekonomi kreatif sangat didukung dan didorong pertumbuhannya oleh pemerintah Indonesia. Industri kreatif mampu menghasilkan kontribusi yang cukup besar terhadap produk domestic bruto (PDB) hingga mencapai di angka Rp 1.000 triliun pada tahun sebelumnya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Fesyen Selengkapnya
Lihat Fesyen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan