Mohon tunggu...
Rayla Prajnariswari Belaudina Kusrorong
Rayla Prajnariswari Belaudina Kusrorong Mohon Tunggu...

-Alumni Fakultas ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Samratulangi, Manado. -Mahasiswa Pascasarjana Hubungan Internasional, Universitas Airlangga, Surabaya.

Selanjutnya

Tutup

Politik

Spongebob dan Perpolitikan Dunia: Spongebob masih dibawah kontrol penguasa kolonial pasifik.

4 Juni 2016   18:09 Diperbarui: 4 Juni 2016   19:25 0 0 0 Mohon Tunggu...
Spongebob dan Perpolitikan Dunia: Spongebob masih dibawah kontrol penguasa kolonial pasifik.
spongebob-5752bbca6723bda5089d1515.jpg



Saya suka dengan film spongebob, sampai akhirnya penasaran tentang bikini Bottom. Seperti sesuatu yang dapat mengganggu atau saya sebut semi-koheren atau brain storming logis meski tidak begitu empiris, seperti cerita-cerita tentang Tom & Jerry yang disebut-disebut terjemahan film dari propaganda nazi, juga Barney & Friends yang adalah metafora dari skandal “watergate”. Sekarang giliran Spongebob Square pants. Meski tidak empiris, saya anggap ini bukan konspirasi seperti beberapa bigot yang memepertanyakan kelamin spongebob, beberapa analogi spongebob yang dikaitkan dengan LGBT. Anda boleh berpikir demikian atau lebih atau apapun. Sebagian orang mungkin menganggap bahwa ini hanya sebagai totonan namun jauh didalamnya memiliki makna tersirat dan sejarah unik. Pencipta seperti tidak mencoba untuk mengatakan bahwa karakter secara harfiah adalah mutan atau makhluk entah berantah tapi sebuah kondisi karena efek tertentu, seperti efek radiasi yang menjadi objek pencipta bagi karakter spongebob dan teman-temannya. Spongebob dan teman-temannya dalam penggambaran film selalu bertindak “weirdness” disebut-sebut akibat terpapar radiasi dari atom disekitar bikini bottom. Ya sudahlah.. saya bukan membahas tentang karakter karena tulisan ini bukan summary bedah film. Saya lebih tertarik pada tempatnya.

Dan iya.. Jika menelusuri dimana tempat spongebob berada, maka anda bisa saja tidak bisa untuk tidak setuju. Mulai dari tempat tinggal spongebob dan kawan-kawan yang bernama Bikini Bottom. Bikini bottom terletak dibawah pulau yang disebut bikini atoll tepatnya di pulau Mikronesia atau republik of the Marshak island di wilayah Pasifik Selatan. Pulau yang disebut bikini bottom dalam film spongebob yang menarik. Konon tempat ini surga dunia karena dikenal sebagai 4s sun, sand,sea,surf.

Saya gambarkan sedikit sejarah mikronesia. Bangsa Eropa pernah berlabuh ditempat ini sekitar abad ke-17, kolonialisasi eropa tidak berjalan mulus hingga abd ke-20 karena kemudian diduduki Amerika Serikat, jerman dan inggris. Di Mikronesia terdapat sekitar 2500 gugusan pulau yang dikuasai amerika serikat sampai sekitar 1986 sebagai the trust  territory of pasific island (TTPI). Perlu dicatat penyebutan Mikronesia bukanlah nama negara tapi wilayah budaya atau kelompok etnografi dulunya tapi telah menjadi Negara kepulauan berdaulat (dengan sistem federasi) yang memiliki empat negara bagian dan paling penting dari federasi mikronesia adalah mempunyai kursi di PBB. Negara federasi mikronesia beserta tetangganya (kepualauan marshall, palau, kepualauan mariana utara) ini adalah negara yang mengatur pemerintahannya sendiri namun masih mejalani kerjasama dengan negara bekas jajahannya yaitu Amerika Serikat.

Tempat tinggal spongebob ini menjadi tempat serangkaian percobaan nuklir yang memiliki sandi operasi oleh Amerika Serikat, seperti operation sandstone, operation green house, operation castle. Jauh dari pada itu mikronesia adalah sub wilayah yang unik sebagai wilayah yang dikenal banyak mendapat perlakuan tidak adil dari negara-negara besar yang seringkali digunakan untuk uji coba nuklir oleh Amerika Serikat sejak tahun 1940-an hingga 1950an, tidak hanya Amerika serikat tapi juga oleh negara pemilik nuklir seperti inggris dan perancis dalam rangka percobaan senjata dijaman perang dingin dimana negara-negara besar membutuhkan tempat yang diperuntukan sebagai percobaan senjata nuklir.

Mikronesia kemudian menjadi tempat yang ideal,karena terdiri dari atoll atau pulau yang dipenuhi batu karang. Letak tepatnya di Bikini Atoll Menariknya lagi, sejarah nuklir dipasifik berawal di tempat tinggal spongebob ini, sangat terkenal sebagai uji coba nuklir pertama ketika perang amerika serikat mengambil alih wilayah mikronesia dari jepang di perang dunia II. Misalkan, Tahun 1945 sebagai tempat uji coba di Trinity New Mexico tepatnya tanggal 1 juli 1946 merupakan tes uji coba nuklir pertama yang dilakukan dengan memakai 250 kapal perang. Percobaan-percobaan nuklir tersebut akhirnya memberikan dampak bagi penduduk sekitar. Penduduk disekitar bikini atoll kemudian dievakuasi untuk dipindahkan. Tahun 1957 penduduk ini kembali di sekitar bikini atoll namun harus pergi lagi karena banyak terkena penyakit akibat efek radiasi. Tercatat ditempat itu telah dilakukan 67 kali tes nuklir.

Setelah perebutan wilayah tepat uji coba nuklir, apa pentingnya wilayah tempat spongebob berada ini dalam perpolitikan dunia?

Memang wilayah dipasifik selatan termasuk mikronesia tempat spongebob ini bukan menjadi tempat atau lahan basah strategis perpolitikan dunia karena mungkin letaknya jauh dari pusaran central of gravity pusaran politik global, begitu pula sisi ekonomis yang tidak punya pusat perhatian karena signifikansnya tidak terlalu tinggi, begitupun mengenai stabilitas kawasan bahkan sama sekali seperti kurang menarik.

Tapi tidak, sederhanya wilayah-wilayah pasifik selatan adalah kelanjutan dari atau bagian yang tidak terpisah dari pasifik utara, pertama jika terjadi konfrontasi militer di utara yang mengarah perang konvensional, perang tersebut memungkinkan perang ke selatan. Kedua, Menlu As pernah menyebut bahwa pentingnya pasifik bagi AS unutk menjadi lokasi uji coba Reagan Ballistic Missile Defense di marshall island (tetangganya spongebob), sebagai penyangga AS meluncurkan oprasi keamanan dari korea utara, jepang melalui thailand dan filipina menuju australia. AS menggunakan skema “detterence” merespon ancaman keamanan jika perang pasifik kembali terjadi. Ketiga. Ditempat itu pula Cina mulai menjumpai tempat spongebob, derasnya bantuan Cina di pasifik selatan di mikronesia adalah indikasi Cina akan melakukan destabilisasi sejalan dengan Rusia yang menganggap bahwa pasifik selatan adalah wilayah antikomunis dan mulai masuk dengan bantuan perdagangan sehingga negara-negara tetangga spongebob seperti vanuatu telah menyatakan dukungan pada Rusia dan menolak hbungan diplomatik dengan AS.  Dan masih banyak lagi negara-negara besar yang mulai menaruh perhatian pada wilayah tempat spongebob dan tetangga-tetangganya.

Saya kira film spongebob ini selain karakter weirdnessnya, ada sisi lain yang perlu disoroti bahwa bikini bottom,mikronesia, beserta tetangga-tetangganya pasifik selatan adalah konsideran penting yang perlu diperhatikan selain lokasi isu nuklir. Tapi paling penting adalah tempat spongebob tinggal wilayah-wilayah tersebut masih dibawah kontrol penguasa kolonial pasifik. 

duh.. mungkin pencipta spongebob hanya sekedar mencoba untuk mengenalkan pada dunia bahwa pernah ada tempat indah namanya bikini bottom yang memiliki biota laut yang indah juga tapi rusak karena uji coba nuklir. Sebagai penutup, Bagaimana mungkin mr.crab punya anak paus?

VIDEO PILIHAN