Mohon tunggu...
Rayi herma
Rayi herma Mohon Tunggu... Hulla!!

Hi! welcome❤️

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Pesona Alam Perbukitan Kaliurang

13 April 2021   18:36 Diperbarui: 13 April 2021   18:47 72 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pesona Alam Perbukitan Kaliurang
( Source : @linawidha )

Berkunjung ke Yogyakarta tidak cukup rasanya jika tidak menjelajahi kaki Gunung Merapi. Di kaki Gunung Merapi Sleman, Yogyakarta terdapat desa wisata Kaliurang yang menyuguhkan banyak tempat wisata yang dapat dikunjungi masyarakat. 

Tempat wisata di Desa Wisata Kaliurang sangat beraneka ragam. Mulai dari wisata kuliner, wisata adventure, dan banyak tempat-tempat bersejarah peninggalan belanda disana yang dapat dikunjungi.

Di Kaliurang terkenal dengan udaranya yang masih segar dan dingin karena disana masih terdapat hutan dan perbukitan yang berada didepan Gunung Merapi. Perbukitan tersebut bernama Bukit Turgo, Plawangan, Pronojiwo, dan Gandok. Bukit-bukit ini terletak di Desa Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta. 

Berada sebagai pembatas Gunung Merapi dengan desa Kaliurang, hal tersebut yang membuat desa ini masih terasa asri. Di perbukitan tersebut juga masih terdapat beraneka ragam flora dan fauna seperti monyet,kijang,tupai dan sebagainya.

Dibagian barat ada bukit Turgo, yang dimana disana terdapat destinasi wisata peninggalan sejarah yang bernama Goa Jepang. Konon katanya goa ini didirikan oleh tentara Jepang saat jaman dahulu. 

Tidak hanya itu, di bukit Turgo juga terdapat petilasan yang dikeramatkan yaitu makan Kyai Turgo atau Syekh Jumadil Qubro. Di bukit Turgo juga terdapat taman bermain yang dibuat untuk wisatawan bermain, bersantai dan menikmati suasana alam yang ada.

Di bagian tengah ada bukit Plawangan, dimana bukit ini juga dibuat sebagai destinasi wisata di Kaliurang. Bukit Plawangan ini memiliki Air Terjun dimana air ini berasal dari mata air Gunung Merapi. Bukit Plawangan juga sebagai destinasi wisata hiking, yaitu masyarakat bisa mendaki bukit dengan ketentuan yang ada.  

Di depan Bukit Plawangan terdapat tempat wisata yang bernama Tlogo Putri. Di Tlogo Putri ini terdapat telaga air dimana disekitar itu terdapat taman bermain dan panggung hiburan. Sehingga pengunjung dapat bermain, menikmati hiburan yang diadakan di panggung, dan berfoto-foto sambil menikmati suasana alam yang ada. 

Di Tlogo Putri juga terdapat wisata kuliner, dimana banyak warung-warung yang dirikan untuk memfasilitasi tempat istirahat pengunjung sekitar dan menjual makanan khas Kaliurang.

Dibagian timur bukit Plawangan terdapat 2 bukit lagi yang biasa disebut Pronojiwo dan Gandok. Tidak semua wisatawan tau tentang bukit ini. Pada tahun 2010, kedua bukit ini terkena dampak awan panas yang melintas di sebelah timur bukit. Sehingga kedua bukit ini habis dilalap awan panas yang melintas. 

Seiring berjalannya waktu setelah erupsi Merapi selesai, kedua bukit ini dibuka untuk wisata. Sehingga wisatawan diperbolehkan untuk mendaki bukit ini. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x