Kompasiana Bali - Plaga adalah merek Wine asal Bali yang sudah terkenal di 13 kota seluruh Indonesia secara pemasarannya. Mereka kembali membuat terobosan mengikuti jaman yang sudah serba online, dengan memasarkan produk mereka secara online dan dapat menjangkau daerah-daerah pemasaran yang belum tersentuh mereka, secara penjualan konvensional, Market online menurut Marketing Communication Plaga Wine Putri Artha, sebagai cara untuk memperluas pasar di Indonesia.
Plaga adalah satu-satunya bahkan yang pertama membuat pemasaran produknya secara online.
"Dengan online shop ini kita bisa melayani pemesanan dari seluruh Indonesia," jelas Putri Artha, Jumat, 24 Mei 2019.
Pemasarannya dialamatkan melalui situs www.plagawine.com
Mereka memiliki semua varian yang diproduksi yang dapat dibeli melalai online. Bagi kolektor disediakan juga merchandise berupa Tshirt dan bucket es.
"Disitu juga banyak informasi terkait dengan wine. Jadi kami bukan hanya menjual tapi juga memberikan edukasi untuk pelanggan kami," jelas Putri.
Market online itu, menurut Putri, sebenarnya sudah digarap sejak 2 tahun lalu. Namun cara pembayarannya masih menggunakan Paypal. Sehingga, hanya orang-orang tertentu saja yang terjangkau. Namun sekarang, untuk memenuhi kebutuhan pasar di Indonesia, sistem pembayarannya telah dikembangkan dengan menggunakan credit card dan debit card.
"Kalau Paypal hanya orang-orang asing saja yang familiar, sementara kita perlu merebut pasar nasional. Karena itu sekarang sudah kita tambahkan sistem pembayarannya melalui Credit card dan debit card," jelas Putri.
Acara launching portal penjualan toko online itu dikemas dalam kegiatan fashion show juga pengenalan produk terbaru mereka yakni, Vintage Club dengan kemasan botol 1.500 ml dan varian terbaru dengan brand Frizzante.
Marina yang juga tim marketing Plaga Wine mengungkapkan, bahwa fashion juga erat hubungannya dengan gaya hidup penikmat wine. Dalam peragaan busana itu mereka menampilkan karya-karya dari 4 desainer yang sudah kondang tentunya.