Mohon tunggu...
Ravi Pratama
Ravi Pratama Mohon Tunggu... Allah

Mahasiswa ilmu komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Kejayaan Persipura Jayapura di Bawah asuhan Jaksen F Tiago

2 Juli 2020   21:38 Diperbarui: 2 Juli 2020   21:29 11 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kejayaan Persipura Jayapura di Bawah asuhan Jaksen F Tiago
Jacksen via Skor.id

Persipura Jayapura merupakan salah satu tim legendaris dalam sejarah sepak bola Indonesia. Klub ini telah banyak melahirkan pemain-pemain hebat. Klub kebanggaan bumi cendrawasih ini telah meraih gelar juara liga tertinggi sepakbola Indonesia sebanyak 4 kali yaitu pada musim 2005, 2009, 2011 dan musim tahun 2013. Dari 4 gelar yang di raih Persipura di kompetisi liga Indonesia, dimana 3 diantaranya diraih bersama dengan pelatih berkebangsaan Brazil yang telah lama malang melitang di sepakbola tanah air yaitu Jacksen F Tiago pada musim 2008-2009,2010-2011, dan 2012-2013.

Persipura menjadi tim yang paling superior di kompetisi liga Indonesia semenjak dinahkodai oleh Jacksen F Tiago. Pada musim pertamanya menukangi tim yang berjuluk Mutiara hitam tersebut, Jacksen berhasil membuat lini serang Persipura ditakuti lawan-lawannya. Trio penyerang yang menakutkan dengan komposisi Alberto Goncalves, Ernest Jeremiah dan juga legenda Persipura dan juga timnas Indonesia yang sampai saat ini terus bermain untuk Persipura, Boaz Solossa. Pelatih asal Brasil ini langsung meraih gelar juara Liga Super Indonesia pada musim pertamanya menukangi Persipura Jayapura.

Pada musim keduanya bersama Persipura Jayapura, Persipura mengalami penurunan performa tetapi masih bisa menyaingi Arema Indonesia yang menjadi juara ISL. Persipura hanya mampu bertengger di posisi ke 2 liga Indonesia dengan selisih hanya terpaut 6 poin dari Arema Indonesia. 

Pada musim berikutnya 2010-2011 Persipura berhasil bangkit dan menjadi juara kembali dengan torehan 60 poin dari 28 laga yang dimainkan dan juga Boaz Solossa menjadi top skor dengan 22 gol.

Persipura kembali meraih gelar juara pada musim 2013. Pada musim ini Persipura tampil sangat superior dengan mencatatkan poin 82 unggul 16 poin dari peringkat kedua liga yaitu Arema Indonesia dan berhasil membuat Boaz Solossa menjadi top skor kompetisi tersebut.

Di kancah sepakbola Asia, Jacksen F Tiago berhasil membawa Persipura mencapai semifinal Piala AFC 2014. Lebih hebat lagi, Persipura masuk sejarah sebagai tim Indonesia pertama yang berhasil masuk semifinal Piala AFC. Prestasi yang membawa klub berhasil menempati ranking ke-4 tim terbaik di Asia Tenggara pada ajang tersebut.

Persipura pada piala AFC tersebut berhasil mengalahkan lawan-lawan Tangguh seperti Yangon United 9-2 di babak 16 besar. Pada babak perempatfinal tim berjuluk Mutiara Hitam tersebut kalah pada leg pertama melawan klub asal Kuwait dengan skor 2-3. Pada leg kedua berhasil menang telak dengan skor 6-1 atas Al Kuwait. 

Langkah Persipura pun terhenti di babak semifinal melawan klub asal Kuwait kembali yaitu Al-Qadsia dengan agregat 10-2. Semenjak Jacksen F Tiago tidak menukangi tim Persipura lagi, tahun 2014 menjadi tahun terakhirnya bersama Persipura Jayapura, Persipura tidak pernah masuk lagi piala AFC sampai sekarang.

Pada awal musim Shopee liga 1 tahun 2019, Persipura mengalami penurunan performa. Merasakan sakitnya berada di zona degradasi di awal musim. Hal tersebut membuat pelatih Persipura, Luciano Leandro mengundurkan diri. Untuk mengisi kekosongan bangku kepelatihan Persipura kembali menunjuk Jacksen F Tiago sebagai pelatih.  Jacksen F Tiago sebelumnya mengundurkan diri juga dari kursi kepelatihan Barito Putera. Pada musim kembalinya Jacksen F Tiago dia berhasil mengembalikan performa Persipura dan berhasil meraih posisi ke 3 di akhir musim.

Pada tahun 2020 ini Persipura kembali mengawali musim dengan baik dan kita bisa lihat nanti di akhir musim apakah sang juru racik taktik asal Brazil bisa mengembalikan Persipura ke jalur juara seperti sukses dia bersama Persipura sebelumnya.

VIDEO PILIHAN