Mohon tunggu...
Raudhatul Ilmi
Raudhatul Ilmi Mohon Tunggu... Freelancer - FOUNDER @Cerdasinvestasi.id

"Sebaik-baik kamu adalah yang bermanfaat bagi orang lain"

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

Yuk Kenali 3 Aspek Penting dari Financial Literacy

14 Agustus 2022   15:17 Diperbarui: 14 Agustus 2022   15:24 198 18 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber ilustrasi:Kajianpustaka.com

Istilah "financial literacy"  (literasi keuanganmungkin sudah tidak asing lagi terdengar ditelinga kita. Tapi, apakah kita semua yakin sudah benar-benar paham tentang financial literacy? Nah, dibahasan kali ini penulis ingin membahas terkait literasi keuangan.

Didalam kehidupan, literasi keuangan menjadi langkah awal untuk menuju kebebasan finansial (Financial Freedom). Jadi walaupun terlihat sebagai materi yang mendasar, tapi hal ini tetap penting untuk kita ketahui. Baiklah tanpa perlu lama-lama mari langsung kita bahas sekarang juga.

Berdasarkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), secara sederhana literasi keuangan  adalah pengetahuan untuk mengelola keuangan agar bisa mencapai tujuan & kesejahteraan di masa depan. Jadi dari pengertian ini sudah kelihatan kalau literasi keuangan penting banget, ya kan? Karena tentunya kita semua ingin hidupnya sejahtera dan bisa mencapai tujuan keuangan jangka panjang.

Baca juga: Literasi

Berdasarkan Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) di 2019, menunjukkan indeks literasi keuangan masyarakat Indonesia 38,03%. Padahal tingkat indeks inklusi keuangan atau akses masyarakat terhadap layanan keuangan cukup tinggi, mencapai 76,19%.

Hasil riset terkait Financial Fitness Index (2021) yang menunjukkan bahwa skor indeks kesehatan keuangan masyarakat Indonesia masih tergolong rendah hanya sebesar 37,72 dari skor  100. Dari riset ini, area financial safety masyarakat Indonesia masih sangat rendah dengan indikator meliputi kemampuan memenuhi kebutuhan finansial keluarga, menabung secara rutin, dan memiliki dana darurat untuk menghadapi situasi mendesak.

Hal ini menunjukkan bahwa tingkat literasi keuangan masyarakat Indonesia masih rendah. Meskipun tingkat akses terhadap layanan keuangan tinggi,akan tetapi belum dibarengi dengan tingkat literasi keuangan yang tepat.

Secara umum, masyarakat belum mengenal dengan baik cara pengelolaan keuangan hingga  karakteristik berbagai produk dan layanan jasa keuangan yang ada di Indonesia.

3 aspek literasi keuangan
Dikutip dari berbagai sumber, ada 3 aspek dalam literasi keuangan yaitu:
1. basic money management
Dalam hal ini ada beberapa hal yang bisa dilakukan dalam mengatur keuangan kamu yaitu melakukan penganggaran, mengatur pengeluaran, tabungan, dan mengelola hutang.

2. Perencanaan tujuan keuangan
Yaitu dengan membuat perencanaan tujuan keuangan, seperti merencanakan dana beli rumah, dana pendidikan anak, dana haji/umrah atau bahkan dana pensiun.

3. Investasi
Dimulai dengan mengenal instrumen investasi yang sesuai  dengan profil resiko, jangka waktu investasi serta tujuan dari investasi dan mulai berinvestasi untuk mencapai tujuan keuanganmu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan