Mohon tunggu...
Raudatul Jannah
Raudatul Jannah Mohon Tunggu... mahasiswa

mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Merger 3 Bank Syariah Terbesar di Indonesia

17 Mei 2021   20:39 Diperbarui: 17 Mei 2021   20:47 319 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Merger 3 Bank Syariah Terbesar di Indonesia
bursahukum.co.id

Pada UU Pemerintah Indonesia No. 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah menyimpulkan bahwa Indonesia menggunakan sistem perbankan ganda atau dual banking system, yang terdiri dari bank konvensional dan bank syariah. Sektor perbankan syariah yang di publish oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tahun 2021 menyatakan terdapat  12 Bank Umum Syariah, 20 Unit Usaha Syariah, 163 Bank Pembiayaan Rakyat Syariah.


Tepat pada tanggal 1 Februari 2021, 3 bank syariah terbesar di Indonesia melakukan merger, 3 bank tersebut adalah bank syariah mandiri, bank syariah BRI dan terakhir bank syariah BNI yang merupakan anak usaha bank BUMN (Badan usaha milik negara), marger ini akan berpengaruh besar terhadap posisi aset tiga bank pelat merah mulai kuartal I 2021.

Dengan proses yang cukup panjang akhirnya Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah resmi menerbitkan surat izin untuk PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) sebagai entitas baru. Merger Bank syariah ini akan menjadi Bank syariah terbesar nasional dan sangat di harapkan BSI bisa masuk dalam 10 besar perbankan nasional.

Tercatat bank syariah mandiri memiliki saham terbesar pada bank syariah Indonesia, bank syariah mandiri akan mendapatkan aset karena keuangan BSI akan dikonsolidasikan ke laporan keuangan perseroan, sedangkan syariah BRI dan BNI akan mengalami pengurangan aset karena aset dari bank syariah masing-masing sudah digabung ke BSI.  Bank syariah BRI memiliki saham sebesar  17,4% saham BSI, BNI sebesar 25%, DPLK BRI-Saham Syariah sebesar 2%, dan publik sebesar 4,4%.

Bank syariah Indonesia akan melakukan  pengurusan perubahan anggaran dasar di Kemenkumham dan perubahan/pencatatan saham di Bursa Efek Indonesia.  Dengan adanya merger ini tentu akan berdampak bagi nasabah bank-bank tersebut, para  nasabah di haruskan memindahkan/ migrasi rekening ke Bank syariah Indonesia, proses migrasi rekening ini bisa dilakukan secara digital menggunakan aplikasi M-banking/Mobile banking ataupun dengan datang langsung ke kantor cabang BSI.

Dalam proses persiapan integrasi sistem perbankan, pertama akan ditunjuk tiga kantor cabang utama yang berasal dari ketiga bank syariah sebelumnya. Proses integrasi ini dilakukan secara bertahap pada tanggal 15 Februari-30 Oktober 2021 dan pada tanggal 1 November nanti di targetkan Bank syariah Indonesia telah terintegrasi secara keseluruhan.

Di perkirakan hasil dari pergabungan 3 Bank syariah terbesar di Indonesia ini nantinya akan memiliki total aset kurang lebih Rp 239,56 triliun dan modal inti mencapai sebesar Rp 20,4 triliun.

Rj

VIDEO PILIHAN