PROPOSAL KEWIRAUSAHAAN
 Disusun Oleh:
Ratu Ummu Salmah
13012100013
5A PMA
PENDIDIKAN TECHNOPRENERSHIP
FAKULTAS PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN KEGURUAN MATEMATIKA
UNIVERSITAS BINA BANGSA
2023
BAB I
PENDAHULUAN
A.NAMA DAN ALAMAT PERUSAHAAN
1.Nama Perusahaan       : Nasi Uduk “ MAMAH AMAL “
2.Alamat Perusahaan      : JL. SD Pamindangan Etan
B.NAMA DAN ALAMAT PENANGGUNG JAWAB
1.Nama Penanggu Jawab   : Mamah Amal
2.Alamat Penanggu Jawab  : JL. Pamindangan cigedong
C.INFORMASI USAHA
Warung Mamah Amal memproduksi makanan khas Betawi dengan bahan dasar beras. Produk khas Betawi dihasilkan diberi nama Nasi Uduk “ Mamah Amal “
Ini mengadopsi system makanan siap saji yaotu penyajiannya selalu panas, selain itu, juga menyediakan aneka pelengkap makanan lainnya seperti, sambal, kerupuk, lauk pauk, lalaban dll. Dengan mengkombinasikan berbagai resep-resep dari berbagai daerah.
D. VISI MISI DAN TUJUAN
VISI Â :
1.Memberikan kepuasan kepada pelanggan.
2.Pembeli adalah raja.
3.Memudahkan konsumen yang tidak sempat sarapan dan mengisi perutnya di warung tersebut.
4.Menyediakan makanan yang enak, sehat dan murah.
5.Mempunyai banyak pelanggan.
MISI Â :
1.Pelayanan dan kualitas makanan yang memuaskan.
2.Mengejar target pemasaran.
3.Selalu mengedepankan kualitas produk.
TUJUAN Â :
1.Menghasilkan banyak pelanggan setia.
2.Membuat nasi uduk semakin dikenal.
3.Mencetak lapangan tenaga kerja.
4.Menghasilkan keuntungan.
BAB II
KONSEP BISNIS
A.RESEP
Nasi Uduk Mamah Amal berbagai jenis nasi uduk dan pelengkapnya.Berikut bahan - bahannya  :
Bahan :
•1kg beras yang pulen ,cuci beras, rendam 30 menit.
•100gr beras ketan yang sudah dicuci &rendam minimal 3 jam.
•1 sdm penuh jahe parut.
•5 lembar daun jeruk, sobek – sobek.
•2 batang serai,belah & geprek.
•4 lembar daun pandan, sobek – sobek.
•600 ml santan sari 1butir kelapa.
•100 ml santan encer.
•1 sdm bubuk kaldu.
•2 sdt garam / secukupnya.
Pelengkapnya nasi uduk :
•Kacang goreng
•Gorengan bakwan
•Tempe balado
•Semur tahu, tempe
•Tempe oreg
•Jengkol
•Ayam balado
•Telur dadar
•Telur bulat.
Sambal Tomat :
 • 10 buah cabe merah keriting
 • 15 buah cabe rawit setan
 •  8 siung bawang merah
 •  5 buah tomat
 •  2 lembar daun salam
 •  Garam secukupnya
 •  Gula secukupnya
 •  1/2 gelas air
Sambal Kacang :
 • 100 gr kacang tanah
 • 5 siung bawah merah
 • 3 siung bawang putih
 • 10 buah cabai rawit merah
 • 3 lembar daun jeruk
 • 1 sdt kaldu jamur
 • 100 gr air mineral
 • Minyak goreng secukupnya
B.PROSES
Nasi Uduk :
1.Peras Jahe Parut menggunakan santan encer secara bertahap untuk mendapat sari jahe,campur jadi satu hingga merata.
2.Kukus dengan air mendidih selama 10 menit. Sementara itu rebus santan dan sisa bahan lain.
3.Setelah mendidih kecilkan api dan terus rebus 5 menit sambil sesekali diaduk agar aroma rempah - rempahnya keluar.
4.Masukkan beras panas kedalam santan, aduk rata.
5.Matikan api, tutup rapat dan diamkan sekitar 20-30 menit sampai kesat sambil sesekali dibuka dan diaduk agar beras dan bumbu meresap rata.
6.Kukus dengan uap panas selama 40 menit. Angkat, sisihkan rempah -rempahnya. Sajikan dengan hangat, taburkan bawang goreng dan lauk pelengkapnya.
     Tips :
          Sesuaikan takaran cairan dengan Tingkat kepulenan beras. Misal
          berasnya   tidak terlalu pelen akan butuh lebih banyak cairan.
          Tambahkan air panas secukupnya saat mengaroni.
Sambal  :
1.Ulek kacang goreng, kemiri goreng, cabe merah, garam dan gula
Sampai halus. Berikan air hangat, kemudian aduk hingga larut.
2.Tambahkan cuka, aduk rata.
3. Siap untuk di hidangkan sebagai pelengkap nasi uduk.
Tips :
     Pilihlah jenis cabe yang baik, tambahkan cabe rawit dan
     jangan lupa direndam air panas juga.
BAB III
ANALISA KEUANGAN
A. ANALISA MODAL USAHA
 • Gerobak              Rp. 1.500.000.00
 • Magickom atau oven   Rp.  600.000.00
 • Bahan Baku            Rp. 2.000.000.00
 • Dana Cadangan        Rp.   500.000.00
 • Peralatan masak       Rp.   800.000.00
 Total    :                Rp. 4.900.000.00
Â
B. OMSET PENJUALAN (perbulan )
   Penempatan dikantin - kantin 150 *5.000 .00                             Rp.  750.000.00
   Sistem keliling / mangkal 50 * 10.000.00 Rp. 500.000.00
   Delivery order 25 * 12.000.00         Rp. 300.000.00
   Total  :                   Rp.  1.550.000.00
   Total perbulan 25 * 1.550.000.00       Rp. 38.750.000.00
C. BIAYA OPERASIONAL
   Stok bahan baku (perbulan)             Rp. 9.000.000.00
   Peralatan                        Â
Rp. 2.000.000.00
   Sewa tempat ( Perbulan)               Rp. 500.000.00
    Tikar+ bangku                        Rp.  900.000.00
    Biaya promosi                         Rp.  300.000.00
    Biaya Transportasi ( perbulan )            Rp.  600.000.00
    Biaya listrik +air  (perbulan )               Rp.  500.000.00
    Total                                     Rp.  13.800.000.00
    Laba                                  Rp. 2.760.000.00
D. Â INVESTMENT RETURN / BEP
      Modal Awal : Laba            = Rp. 4.900.000.00 :  Rp. 2.760.000.00                = 1,8 bulan
  Â
  Â
BAB IV
ASPEK PEMASARAN
A.TARGET PEMASARAN DAN KEMASAN
Target usaha nasi uduk diberlakukan untuk semua kalangan. Karena harga yang jauh terjangkau, lebih murah, higenis dan enak tentunya akan disukai oleh kalangan bawah,dan selalu panas. Kalangan atas pun akan menyukain karena nasi uduk dengan harga yang terjaukan dan rasanya enak ini tidak kalah dengan yang harganya mahal di luaran sana maka dari itu makanan ini banyak peminatnya di kalangan apapun itu.
Target pemasaran ini juga kami sesuaikan dengan kemasan agar pelanggan bisa memilih harga yang mana yang akan dibeli dan dengan isi pelengkap nasi bisa disesuaikan dengan keinginan konsumen. Berikut rincian perkemasan:
•Kemasan ekonomis
Bungkus menggunakan daun pisang, denga nisi pelengkapnya yaitu: tempe oreg balado, bawang goreng dan sambal kacang / sambal tomat dan kerupuk ( pelengkap bisa disesuaikan )target untuk kemasan biasa adalah kantin – kantin sekolh atau konsumen yang menginginkan porsi yang mini.Harga SIDUK mini Rp. 5.000.00- 10.000.00
•Kemasan sedang
Bungkus menggunakan kertas rames, denga nisi pelengkap yaitu : Bihun mie balado,irisan telur bulat,sambal tomat / sambal kacang, kerupuk dan bawang goreng ( isi bisa di sesuaikan ). Target untuk kemasan sedang untuk sistem pemasaran atau konsumen yang menginginkan porsi sedang, misal : dikantor – kantor atau Masyarakat umum. Harga SIDUK sedang 10.000.00 -25.000.00
•Kemasan Super
Bungkus menggunakan polyform atau bungkus kotak kertas,dengan
isi pelengkap yaitu: irisan daging ayam,telur, sambal, bawang goreng, kerupuk, sambelan bihun,dan buah - buahan (isi bisa disesuaikan ). Target untuk kemasan super adalah para pegawai pemerintah yang karena kesibukannya belumsempat sarapan atau untuk sistem delivery order. Harga SIDUK super Rp. 30.000.00-35.000.00
Â
B.STRATEGI PEMASARAN
Usaha penjualan Nasi Uduk " Mamah Amal " ini memproduksi  sistem makanan siap saji yaitu penyajiannya selalu panas, tapi tentunya dengan harga yang murah, berkualitas tinggi, sehat dan enak. Karena target pembelinya adalah untuk semua kalangan. Kemudian penjualannya atau peluang pasar agar menjadi praktis dan tetap memanjakan pembeli adalah di lakukan di daerah yang ramai pembeli agar makanan siap saji lebih banyak di minatin oleh kalangan masyarakat di seluruh Indonesia bahwasannya makanan khas betawi itu enak, kita pun berjuang berkeliling berjualan di tempat - tempat ramai seperti lampu merah, taman alun - alun, yang otomatis merupakan daerah ramai pembeli dari pagi - malam hari.
Selain peluang pasar di atas kita juga menggunakan 3 sistem penjualan yaitu :
• sistem kita orde lewat online melalui whatsapp, kekantin - kantin sekolah , warung - kewarung, saudara terdekat.
• sistem mangkal didaerah yang kita tempati yang bertepatan dengan lokasi yg strategis seperti di depan jalan raya lalu lintas.
• Dan sistem delivery order ( untuk acara tasyakuran, selametan, hajatan dll ).
Oleh karena itu diperlukan sebuah gerobak tempat jualan untuk memanaskan masakan yang standby didekat lokasi yang kita jual.
C.PROMOSI
 • Terletak  ditempat yang strategis, sehingga konsumen cepat mengenal usaha ini.
 • sebar berita melalui media fb, whatsapp dll.
 • menyebarkan berita bahwa produk yang kita jual enak melalui mulut - kemulut pelanggan yang datang.
D.PROSPEK DAN KIAT SUKSES
Aspek Management
Perijinan
Dalam membangun sebuah usaha terlebih dahulu kita harus mempunyai berbagai perijinan, yang kita perlukan terkait dengan perusahaan yang kita bangun agar menyakinkan peminat pembeli, berikut ini beberapa perijinan yang dimiliki :
1.Akta pendirian
2.SITU ( Surat Ijin Tempat Usaha )
3.ANDAL ( Analisis Dampak Lingkungan )
4.Sertifikat Halal dari MUI
5.Surat Kelayakan Pangan dari kantor kesehatan.
Analisa SWOT :
•Strategi ( Kekuatan )
    Kekuatan produk ini adalah :
•Menjual produk untuk semua kalangan masyarakat.
•Satu produk yang memiliki beberapa macam warna,
•Bahan produk yang terjamin dan higienis,
•Penyajiannya selalu panas dan fresh,
•Nasi yang tersisa tidak dijual Kembali keesokan harinya.
Weakness ( Kelemahan )
Kelemahan dari produk ini adalah :
•Tidak dapat tahan lama,
•Mudah ditiru,
•Nasi yang tersisa tidak dijual Kembali keesokan harinya.
Opportunity ( Peluang )
Peluang produk ini yang dapat dimanfaatkan adalah :
•Tempat yang strategis
•Perbedaan pelengkap Nasi Uduk dengan yang lain
•Banyaknya pengunjung yang bergantian berdatangan.
•Banyaknya wawasan sosmet agar produk kita banyak yang minat.
Threat ( Ancaman )
Ancaman dalam produk ini adalah adanya pesaing lain yang menjual produk yang sama dengan harga yang tidak terlalu mahal.
BAB V
PENUTUP
Dengan memanjatkan puji Syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, maka terselesaikan lah proposal ini. Kami harapkan bisa membantu semoga berjalannya kami dapat berkembangkan, untuk itu kami membutuhkan bantuan dari investor. Kami yakin dengan rencana yang akan kami jalani berjalan dengan lancar mampu memperoleh keuntungan besar.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H