Zainal Khairul
Zainal Khairul Dosen

Dosen Universitas Pasifik Morotai Sekertaris bidang sastra budaya ICMI Orda Morotai Ketua Umum PD PII Metro Makassar 2009-2010, 2010-2011 enalok37@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Berjalan Kaki Detoks Ampuh Sembuhkan Penyakit

27 September 2017   09:01 Diperbarui: 27 September 2017   09:24 886 2 0
Berjalan Kaki Detoks Ampuh Sembuhkan Penyakit
Ilustrasi health.wikinut.com

Seberapa sehat diri anda saat ini? Pertanyaan mendasar saat ini ditengah maraknya penyakit degenaratif yang mulai bermunculan taatkala hidup di zaman modern saat ini.  Jika dahulu orang tua kita dulu selepas pagi dan sarapan akan langsung berjalan ke tengah pematang sawah untuk bercocok tanam agar bisa mengepulkan asap dapur di rumah. Kini tidak lagi hal itu terjadi

Semua dengan gaya hidup modern masyarakat lebih gemar bepergian menggunakan kendaraan masih untung kalo sepeda masih menghasilkan pelepasan kalori. Nah kebanyakan untuk pergi ke warung atau minimarket untuk membeli rokok, gula, kopi atau pulsa lebih memilih menggunakan mobil atau motor.

Sering kita mendengar bahwa jalan kaki itu sehat dan menyegarkan. Berjalan merupakan detoks alami bagi anda dan menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Tetapi tunggu dulu, cara berjalan pun ada berbagai macam jenisnya. Cara berjalan juga mempunyai kualitas yang berbeda-beda.

Cara berjalan sehat dan berkualitas juga menentukan seberapa padat paha dan pinggul anda.  Umur boleh tua tetapi jika tetap bergaya hidup sehat dan berjalan kaki dengan benar maka manfaat alami serta murah meriah akan anda dapatkan hanya dengan berjalan kaki minimal 30 menit sehari.

Dikutip dari Asosiasi Jantung Amerika terdapat manfaat fantastis yang akan diperoleh dengan berjalan kaki minimal 30 menit sehari.

  • Memperbaiki profil kolestrol
  • Mengurangi kemungkinan resiko serangan jantung
  • Mencegah tekanan darah tinggi
  • Mengurangi resiko tekanan darah tinggi
  • Mengurangi stress
  • Meningkatkan kualitas tidur
  • Memperbaiki insulin
  • Meningkatkan cardio fitness serta kebugaran tubuh anda.

Berjalan dengan baik dan benar juga akan memperbaiki postur tubuh anda. Tentunya berjalan tanpa sibuk mengecek notifikasi medsos anda. Sebab tidak mengherankan pada zaman sekarang ini kadang tidak kita sadari generasi saat ini memiliki postur tubuh yang tidak seimbang dan proporsional disebabkan menghabiskan waktunya berjam-jam dengan menggunakan smartphone mereka.  Generasi saat ini pun dapat disebut generasi "menunduk". Sebab kerjaannya hanya menunduk memandangi Hp mereka.

Berjalan dengan kaki kosong  telanjang juga banyak di manfaatkan. Sebab di ujung kaki ini terdapat banyak saraf- saraf penting. Dengan dirangsang pada titik tertentu dengan menekan pada ujung kerikil di jalan akan mengaktifkan fungsi alami secara refleksologi pada titik titik di telapak kaki.

Sungguh indah bentuk tubuh kita dan telah dilengkapi berbagi cara untuk menyehatkan diri sendiri tanpa kita sadari. Begitu hebatnya ciptaan Allah SWT yang membentuk tubuh kita ini dengan bentuk paling sempurna. Seluruh tubuh kita berfungsi dengan cara-cara alami untuk menyembuhkan sendiri tubuh kita ini.

Melangkah secara sehat, murah, aman dan nyaman serta mudah kini di tangan anda. Tinggal bagaimana anda mengubah gaya hidup anda saat ini.