Mohon tunggu...
Ratna Yunaida
Ratna Yunaida Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Ekonomi Islam 2018 Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Kawal UMKM, Mahasiswa KKN Undip Kenalkan Label Merek dan Digital Marketing

5 Agustus 2021   08:08 Diperbarui: 5 Agustus 2021   08:10 77 1 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kawal UMKM, Mahasiswa KKN Undip Kenalkan Label Merek dan Digital Marketing
Kegiatan Sosialisasi Label Merek dan Digital Marketing pada UMKM di Kelurahan Mangkang Wetan

Mangkang Wetan, Kota Semarang (10/07/2021)

Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro melakukan kegiatan "Sosialisasi Pentingnya Label Merek dan Digital Marketing guna Meningkatkan Pendapatan Pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) di Masa Pandemi Covid-19".

Kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) kali ini dilakukan ditempat tinggal masing-masing Mahasiswa pelaksana KKN, banyak yang menyebutnya "KKN Pulang Kampung" atau "KKN Didesa Sendiri". Hal ini dilakukan lantaran pandemi Covid-19 di Indonesia.

Pandemi Covid-19 yang terjadi sejak Maret 2020 telah membawa dampak ke segala sektor, salah satunya sektor ekonomi. Terutama, dampaknya dirasakan oleh pelaku UMKM, dikarenakan menurunnya daya beli masyarakat yang terjadi ditengah kemerosotan perekonomian akan berpengaruh terhadap keberlangsungan usaha mereka.

Untuk mengatasinya, pemerintah telah melakukan tindakan dengan mengajak pelaku UMKM untuk berinovasi kreatif dan memanfaatkan digitalisasi dalam usahanya. Berbagai dukungan juga telah diberikan untuk membangkitkan UMKM yang terjun bebas akibat pandemi. Mulai dari bantuan dana untuk modal usaha, pemotongan pajak penghasilan bagi pelaku UMKM, sosialisasi serta edukasi mengenai pengelolaan UMKM, dukungan digital, dan ajakkan kepada masyarakat luas untuk beli produk dalam negeri.

Melihat banyaknya produk UMKM yang belum memiliki Label Merek menjadi perhatian bagi Mahasiswa KKN, padahal Label Merek sangat penting bagi produk UMKM. Apabila produk UMKM tidak memiliki Label Merek, maka produk tersebut tidak memiliki identitas, yang akan mengakibatkan produk tersebut susah dikenali oleh para konsumen.

Selain itu, perhatian Mahasiswa KKN juga tertuju pada pemasaran produk yang dilakukan pelaku UMKM yang mana masih cenderung tradisional, sedangkan di jaman sekarang semua sudah serba digital. Pengenalan digital marketing sangat perlu dilakukan untuk memperluas jangkauan konsumen bagi pelaku UMKM.

Dengan demikian, Mahasiswa KKN memutuskan untuk melaksanakan kegiatan sosialisasi yang bertujuan memberikan pengetahuan bagi pelaku UMKM tentang Label Merek dan Digital Marketing. Dilaksanakan di wilayah Kelurahan Mangkang Wetan dengan metode door to door. Metode tersebut dilaksanakan dengan pertimbangan tidak diperbolehkannya mengumpulkan massa. Dalam pelaksanaannya, Mahasiswa KKN memberikan penjelasan dari poster yang telah dibuat sebelumnya. Memberikan pendampingan  kepada pelaku UMKM yang produknya belum memiliki Label Merek dan belum melakukan pemasaran produk secara Digital Marketing. Serta membagikan video penjelasan poster melalui WhatsApp Group UMKM.

Salah satu pelaku UMKM, yaitu Arina bertutur "Kegiatan Sosialisasi yang dilakukan sangat bermanfaat bagi kami pelaku UMKM yang baru merintis usaha dan dihadapkan dengan pandemi Covid-19"

Mahasiswa KKN berharap melalui kegiatan ini dapat memberikan semangat kepada pelaku UMKM untuk mengembangkan usaha mereka di masa pandemi Covid-19.

Penulis : Ratna Yunaida

Mohon tunggu...
Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan