Mohon tunggu...
Ratna Puspita
Ratna Puspita Mohon Tunggu... Dosen Biokimia

Fakultas Kedokteran Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Bagaimana Peran Nutrisi pada Masa Pandemi?

11 Februari 2021   22:35 Diperbarui: 11 Februari 2021   22:40 141 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bagaimana Peran Nutrisi pada Masa Pandemi?
Buah dan sayur sebagai sumber nutrisi mikro

Nutrisi (gizi) merupakan zat yang dibutuhkan tubuh kita. Baik nutrisi makro dan mikro harus tetap terpenuhi setiap hari. Ada beberaoa kasus kekurangan atau kelebihan asupan nutrisi pada tubuh dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Hal tersebut terjadi karena asupan nutrisi makro dan mikro tidak seimbang jumlahnya. Kemudian juga tidak disertai dengan serat. Oleh karena itu, dibutuhkan pengetahuan yang tepat untuk menjaga kesehatan serta melindungi tubuh dari serangan patogen termasuk Covid-19.

Buku Gizi dan Kesehatan, memaparkan bagaimana asupan nutrisi yang sesuai dan seimbang dalam setiap fase usia. Ilmu gizi mencakup segala sesuatu tentang makanan dan minuman untuk kesehatan tubuh yang optimal serta pemeliharaan tubuh dari suatu penyakit. Nutrisi ini sangat erat kaitannya dengan reaksi-reaksi kimia di dalam tubuh organisme (metabolisme). 

Pola makan yang tidak tepat akan berdampak pada sel-sel hingga organ tubuh. Buku ini berisi bahasan asupan nutrisi pada kehamilan, ibu menyusui, bayi, balita, anak sekolah, remaja, dewasa, lansia, olahraga, kerja, dan masyarakat.

Buku Gizi dan Kesehatan
Buku Gizi dan Kesehatan

Makanan dan minuman sehat itu bukan sesuatu yang mahal dan susah didapat. Masyarakat semakin menyukai makanan siap saji dan mengabaikan kebutuhan nutrisi seimbang. Hal tersebut bersama berbagai faktor risiko (usia, genetik, dan lingkungan) dapat menyebabkan gangguan kesehatan (penyakit). 

Peningkatan aktivitas dan tidak teraturnya pola hidup semakin menjauhkan diri kita dari nutrisi seimbang. Permasalahan asupan nutrisi yang terjadi di Indonesia cukup kompleks. Buku Gizi Keshatan dan Penyakit ini membahas aspek nutrisi pada penanganan berbagai masalah kesehatan, yaitu:defisiensi nutrisi makro (karbohidrat, protein, lemak) dan mikro (mineral dan vitamin) serta defisiensi sumber prebiotik dan probiotik. 

Pada Intintinya, nutrisi ini dijaga setiap hari agar seimbang. Nutrisi tidak boleh sampai defisiensi ataupun over. Nutrisi makro dan mikro ini saling berkaitan. Walaupun mineral dan vitamin dibutuhkan dalam jumlah mikro (sedikit), itu sangat dibutuhkan dalam mempercepat metabolisme nutrisi makro. 

Metabolisme yang berjalan normal akan menyababkan masalah penyakit. Penyakit yang disebabkan oleh sefisiensi nutrisi adalah kwarshiorkor, osteoporosis, gondok, anemia, dll. Penyakit yang disebabkan oleh over nutrisi adalah diabetes mellitus, obesitas, kardiovasikuler, dll. 

Buku Gizi Kesehatan dan Penyakit
Buku Gizi Kesehatan dan Penyakit

Pada masa pandemi Covid-19 sekarang ini, pasien Covid-19 juga dapat melakukan terapi nutrisi. Terapi nutrisi ini sangat membantu proses pemulihan tubuh. Kamu bisa bergabung pada diskusi yang membahas Terapi Nutrisi pada Covid-19 pada tangga 28 Februari 2021 mendatang. Kegiatan tersebut berlangsung free lohh. Kamu bisa konsultasi gratis juga di grup Whatsapp Gizi. Kemudian PT.Otsuka Indonesia juga ikutserta di dalamnya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x