ratna sari
ratna sari

Hidup adalah perjuangan

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pentingnya Berperilaku Terpuji dalam Kehidupan

20 April 2014   17:48 Diperbarui: 23 Juni 2015   23:26 2567 0 0

Berperilaku terpuji sangat penting karena akan mendatangkan kebaikan bagi sesama maupun kebaikan dari Allah swt. Berperilaku terpuji termasuk ahlak terpuji, lebih terpuji lagi jika kita mampu lakukan dalam kehidupan kita sehari-hari sesuai tugas dan kewajiban kita masing-masing. Berprilaku terpuji akan membuahkan kebahagian, kesuksesan, dan kepuasan baik dalam jangka waktu dekat maupun pada masa yang akan datang. Sebaliknya ahlak tercela, seperti malas bekerja menimbulkan beban, menghambat kemajuan dan memperbanyak pengangguraan.

Setiap orang memiliki cita-cita. Agar keberhasilan dapat diraih, harapan dan doa pun selalu dimohonkan kepada allah swt. Kita semua tahu bahwa meraih sukses tidak semudah membalikan telapak tangan. Berprilaku terpuji adalah salah satu modal untuk meraih suskses. Sabar, taat, rendah hati, rasa bersyukur, kerja keras, tekun, ulet, dan teliti adalah wujud prilaku dan sikap ahlak terpuji dan patut dijadikan “ kebiasaan “ dalam kegiataan sehari-hari, termasuk para pelajar. Hal tersebut penting untuk meraih keberhasilan dan mengejar ketertinggalan ilmu pengetahuaan dan teknologi. Pembiasaan sikap berprilaku terpuji dapat dilakukan dari yang terkecil sampai yang terbesar sampai yang terbesar sesuai dengan tugas kita masing-masing termasuk para pelajar.

Untuk meraih keberhasilaan, sikap berprilaku terpuji mutlak harus dimiliki. Karena hanya dengan bersikap berprilaku terpuji keberhasilan dapat dinikmati dengan penuh kebahagian. Keberhasilan dalam berbagai profesi, seperti pedagang, seniman, ahli teknik, pelajar, guru, dosen, pengacara, camat, bupati, gubernur, dan presiden tidak dapat dilepaskan dari sikap berprilaku terpuji. Untuk mewujudkan keberhasilan bersama demi kemakmuraan kita, perlu mengembangkan sikap berprilaku terpuji . Hindarkan sikap jalan pintas untuk meraih keberhasilaan, hindari korupsi sikap semacam itu dapat merusak budaya bangsa.

Seorang muslim yang memiliki sifat berprilaku terpuji akan selalu berlapang dada, berhati tentram, merasa kaya dan berkecukupan, dan bebas dari keserakahan. Karena, pada hakikatnya kekayaan atau kemiskinanan seseorang terletak pada hati, bukan pada harta yang dimlikinya. Bila kita perhatikan banyak orang yang hidupnya berkecukupan bahkan mewah, namun hatinya penuh diliputi keserakahan dan kesengsaraan. Misalnya, koruptor yang hartanya melimpah tetapi hatinya dibayangi rasa was-was dan sulit tidur karena perasaan tidak tenang, takut kejahatannya terbongkar pemerintah. Tetapi sebaliknya, banyak orang yang kekurangan namun hidupnya tenang penuh kegembiraan. Misalnya, petani yang membawa hasil panen kepasar. Ia merasa gembira dan puas atas hasil panennya bahkan sebagian ia bagikan kepada para tetangga, rasa puas yang dimiliki oleh petani tersebut membuat jiwanya tentram dan damai.

Melaksanakan tugas dan pekerjaan adalah kewajiban setiap orang. Dalam pelaksanannya tidak lepas dari kesulitan dan hambatan. Hanya orang-orang yang berprilaku terpujilah yang mampu meraih keberhasilan dalam melaksanakan tugasnya. Begitu pula dalam menjalankan seluruh perintah Allah swt, salah satunya adalah menjalankan salat lima waktu. Kemampuan dan kemauan untuk melaksanakan salat hanya dimiliki oleh orang-orang yang memiliki prilaku terpuji. Banyak contoh yang bisa kita tiru dari orang-orang yang memiliki sikap prilaku terpuji, yakni bagaimana seseorang meraih keberhasilannya, bagaimana orang bertahan dalam menghadapi kesulitannya, bagaimana orang bertahan tidak terjerumus dalam kesengsaraan.

Keberhasilan tidak datang dari langit, semua harus diusahakan dengan cara berprilaku terpuji. Allah swt menyuruh kepada kita menjadikan berprilaku terpuji dan salat sebagai penolong dalam kehidupan ini. Apa perlunya berprilaku terpuji? Jawabannya adalah agar kehidupan ini dapat berjalan dengan baik, tertib, teratur, aman, damai, tentram dan sejahtera. Bagaimana dengan kamu? Apakah tertarik menjadi orang yang mempunyai sikap berprilaku terpuji. Untuk mencobanya coba lakukan dari hal-hal yang terkecil yang ada dilingkungan kamu, baik dirumah, di sekolah maupun di masyarakat, jika kamu mampu melakukannya dengan penuh kesadaran dan tidak karena terpaksa, maka kamu akan menjadi orang yang bisa bersikap berprilaku terpuji. Selamat mencoba!