Bisnis

Keuntungan Menjadi Seorang Affiliate Marketer

14 September 2018   14:55 Diperbarui: 14 September 2018   15:42 291 0 0

Ada banyak peluang yang dapat diambil jika berbisnis internet, mulai dari menjadi seorang blogger, pebisnis yang menjual video tutorial, sampai affiliate marketer. 

Affiliate marketer atau afiliasi adalah sebuah pekerjaan di mana tugasnya adalah memasarkan produk orang lain. Jika mitra dapat menjual produk maka akan mendapat komisi penjualan dari si pemilik produk. Di dunia nyata, pekerjaan sebagai affiliate marketer ini juga sering disebut dengan broker. 

Jika ada yang ingin melihat contoh silakan menghubungi affiliate@befreetour.com, karena program affiliate milik BeFree Tour ini dapat diikuti secara gratis. BeFree tour sendiri adalah salahsatu perusahaan travel online platrorm yang dimiliki dan dijalankan oleh PT Korina Prima Sinergi. BeFree Tour menyediaklan tiket atraksi wisata, transportasi, dan telekomunikasi di berbagai destinasi terkenal di seluruh dunia.

Nah menjadi seorang affiliate marketer itu memeiliki banyak kelebihan disbanding bisnis internet lain. Apasaja kelebihan tersebut? Tidak usah lama-lama mari bahas kelebihan menjadi seorang affiliate marketer.

Mitra Affiliate Tidak Perlu Membuat Produk

Sebagai seorang affiliate marketer, mitra hanya perlu memasarkan produk orang lain. Jadi pekerjaan ini bisa dibilang sangat praktis dan mudah jika dibanding bisnis internet lain. Mitra hanya perlu mencari brand atau produk yang membuka program affiliate setelah bergabung dan terjadi penjualan maka mitra akan mendapat komisi dari pemilik brand atau produk.

Cara untuk memasarkan produkpun sangat mudah, mitra hanya perlu memiliki akun media sosial dan menawarkan produk-roduk affiliate mengguankan media sosial. Hal ini tentu sangat berbeda dengan seorang pebisnis video tutorial, mereka harus membuat video terlebih dahulu, kemudian masih harus mempromosikan, membangun brand, dan masih banyak lagi. 

Nah jika menjadi sorang affiliate marketer mitra tidak perlu melakukan itu semua. Hal ini sangat menghemat waktu, tenaga, dan biaya tentunya. Menjadi soerang affiliate tentunya akan sangat cocok untuk orang-orang yang memiliki modal yang tidak terlalu besar. Kemudain beberapa perusahaan juga membuaka sebuah program affiliate yang tidak dipungut biaya alias gratis.

Mitra Tidak Perlu Membuat Web Penjualan

Untuk apa membuat web penjualan? Mitra hanya perlu mendatangkan sebanyak mungkin pembeli ke situs penjualan yang sudah disiapkan oleh pemilik produk. Tentunya mitra harus mendatangkan banyak pembeli melalui link afiliasi yang dimiliki, sebab komisi mitra akan dicatat melalui link khusus tersebut. 

Kemudian pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana mitra menjual produk jika tidak memiliki web? Tenang saja. Seperti yang sudah dijabarkan di atas bahwa mitra hanya perlu memasarkan produk-produk affiliate menggunakan media sosial seperti blog, media forum, dan situs youtube milik pribadi.

Mitra Tidak Perlu Mendengar Keluhan dan Pertanyaan Pembeli

Keuntungan selanjutnya adalah seorang affiliate marketer tidak perlu mendengar keluah dan pertanyaan pembeli. Sebab mitra bukanlah pemilik produk, jadi orang yang sesungguhnya bertanggung jawab atas produk yang dijual adalah pemilik dan pembuat produk itu sendiri. Tugas seorang affiliate marketer adalah sebagai perantara, jadi seorang mitra affiliate program tidak perlu sibuk menjawab pertanyaan pembeli. 

Namun seorang mitra affiliate program juga harus paham tentang web dan produk yang akan dijual karena mitra harus bisa mengarahkan pembeli kepada pemilik produk. Hal ini dikalkukan jika ada masalah teknisseputar website. Bagaiamna apakah tertarik untuk menjadi seorang mitra program affiliate?

Tugas Mitra Hanya Memasarkan Produk

Keuntungan selanjutnya menjadi seorang affiliate marketer adalah tugasnya hanya memasarkan produk. Seorang affiliate marketer tidak perlu memikirkan pengiriman barang, cek pembayaran, dan sebagainya. Namun mitra affiliate program tetap harus memahami produk agar dapat menjelaskan sedikit kepada calon pembeli tentang produk yang ditawarkan. Ingat bahwa bisnis ini akan berhasil jika mitra dapat menjual banyak produk. Intinya adalah  semakin banyak produk yang terjual maka semakin banyak juga pendapatan seorang affiliate marketer.

Resiko Kecil 

Keuntungan yang terakhir adalah resikonya kecil. Seorang affiliate marketer hanya bertugas untuk memasarkan urusan produk itu laku atau tidak itu bukan tanggung jawab seorang affiliate marketer. 

Seorang affiliate marketer akan mendapat banyak komisi jika dapat menjual banyak produk, tetapi ia tidak akan rugi jika produk tersebut tidak laku. Coba bandingkan jika membuat produk sendiri? Ada banyak hal yang harus difikir misalnya tenaga, waktu dan modal tentunya. Maka affiliate marketer ini sangat coock untuk dicoba oleh para pebisnis baru yang ingin mencoba atau menjajaki dunia bisnis. (Ratih wijayanti)