Mohon tunggu...
Ratich Andalusi
Ratich Andalusi Mohon Tunggu... Lecture UNIVERSITAS PAMULANG

Business Entusiast, Marketing, Fashion Interest, and Hijab Traveller

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

PKM Dosen Prodi Manajemen UNPAM: "Pengembangan Socialpreneur di Sukamanah Residence, Rajeg, Tangerang"

24 Maret 2021   10:08 Diperbarui: 24 Maret 2021   16:37 269 1 0 Mohon Tunggu...

Maret,2021. Dosen Universitas Pamulang tidak berhenti memberikan sumbangsihnya terhadap masyarakat melalui program PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat), yang kali ini dilaksanakan di daerah Tangerang tepatnya di perumahan warga Sukamanah Residence, Rajeg, Tangerang pada sabtu 20 maret 2021.

Pelaksanaan kegiatan ini berangkat dari banyaknya keluhan warga sekitar tentang keadaan perekonomian mereka yang kurang begitu stabil akibat dari masa pandemi COVID 19 setahun kemarin. Untuk memotivasi dan membantu warga perumahan Sukamanah Residence khususnya di RW 013, Tim Dosen PKM Universitas Pamulang yang diwakili oleh Bapak. Jamaluddin S.E.,M.M melakukan penelusuran lebih lanjut tentang masalah tersebut, Sehingga akhirnya beberapa dosen dan mahasiswa sepakat untuk merencanakan kegiatan PKM disana.

Menurut Bapak. Irfan Zidni S.Kom selaku ketua ekonomi kreatif di perumahan Sukamanah Residence, Warga membutuhkan dorongan motivasi agar tidak terlalu memikirkan keadaan yang serba sulit ini, Beliau juga mencanangkan suatu program usaha kreatif yaitu usaha budidaya ikan lele dengan menggunakan lahan kosong yang tidak terpakai. Harapannya, jenis kegiatan tersebut dapat membantu mengurangi kesulitan ekonomi yang dialami oleh beberapa keluarga di Sukamanah Residence.

dokpri
dokpri
Rangkaian acara diawali dengan sambutan Ketua RW 013 Bapak Suyanto, S.H,M.H yang mewakili warga Sukamanah Residence, Lalu pemberian Plakat yang dilakukan oleh ketua PKM Dosen Prodi Manajemen Bapak. Ahmad Maulana Irfanudin S.kom.,M.M. dan pemberian materi seputar Kewirausahaan, Keuangan dan SDM dari beberapa narasumber yang mumpuni dibidang ilmu manajemen, yaitu : Tema kewirausahaan dibawakan oleh Ibu.Ratih Andalusi S.Si.,M.M, Tema Keuangan dibawakan oleh Bapak.Aria Aji Priyanto, S.E.,M.M dan Tema Sumber Daya Manusia dibawakan oleh Ibu Nopi Oktavianti, S.E.,M.M. Kegiatan Ini dapat terselenggara dengan baik karena dibantu oleh tim Dosen Prodi Manajemen Universitas Pamulang yaitu Jamaluddin S.E.,M.M, Nooryani S.E., M.M, Erlita Kurniawaty S.E.,M.M (selaku moderator) dan beberapa mahasiswa dari program S1 Manajemen UNPAM.

dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
Setelah kegiatan pemberian materi yang terkait dengan pengembangan usaha budidaya lele, selanjutnya tim PKM Dosen Prodi manajemen Universitas Pamulang memberikan sumbangan kepada warga Sukamanah Residence berupa 3000 bibit lele serta pakan. Harapannya, dengan ilmu yang diberikan banyak warga Sukamanah Residence mendapatkan manfaat dan tetap terus konsisten untuk mulai menjalankan Sosialpreneur di daerahnya agar bisa menjadi contoh di daerah lain.

Penulis: Ratih Andalusi S.Si.,M.M (ratich25@gmail.com)

VIDEO PILIHAN