Mohon tunggu...
Rasna
Rasna Mohon Tunggu... Lainnya - Foresters

Menjadikan masyarakat sasaran menjadi mandiri dalam pembangunan kehutanan

Selanjutnya

Tutup

Nature Pilihan

Damar Mata Kucing Bergetahkan Emas

1 Maret 2023   08:46 Diperbarui: 1 Maret 2023   08:53 338
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Getah Damar Mata Kucing (www.adventurose.com)

Tanaman Damar Mata Kucing mempunyai nama latin Shorea javanica adalah nama pohon penghasil resin damar dengan nama serupa, dari suku meranti-merantian

Dikenal pula dengan nama-nama lain di pelbagai daerah seperti pelalar, p. lengo (pulau Jawa.), damar puteh (Aceh), damar sibosa, sibosa (Tapanuli.), damar saga (Sumatera barat), damar kaca, damar mata kucing (Palembang., Lampung.), mesegar, mentegar, damar kaca (Bengkulu.) dan juga damar sibolga, damar mata-kucing menghasilkan kayu yang dalam perdagangan digolongkan sebagai meranti putih.

Di Provinsi Lampung Tanaman Damar Mata Kucing terkenal di kabupaten Pesisir Barat (krui), tanaman ini sudah menjadi mata pencaharian utama bagi masyarakat setempat selain nelayan, Perkebuanan dan  pertanian. 

Hutan damar mata kucing masyarakat Krui menyebutnya sebagai Repong Damar dimana pada lahan kebun damar di tanami berbagai tanaman yang dapat menghasilkan buah-buahan sehingga banyak penghasilan tambahan selain getah damar mata kucing. 

Tanaman damar menurut masyarakat krui harus di tanamam berbarengan dengan tanaman lainnya dengan tujuan untuk menjaga tanaman damar mata kucing dari terpaan angin karena tanaman yang sudah di sadap/dilobangi rentan roboh akibat tiupan angin, maka di sela-sela tanaman damar mata kucing harus di tanami jenis tanaman lain yang juga dapat menambah penghasilan di antaranya Durian, Petai, Duku, Kepayang, dll.

Getah Damar Mata Kucing dihasilhan dari batang damar yang di lukai dengan cara membuat lobang berderet di empat sisi batang dengan jarak antara lubang 50 cm x 50 cm, setelah kurang lebih satu bulan getah akan keluar dan mengeras, saat itulah getah damar bisa dipanen. 

Keistimewaan damar mata kucing ini memiliki getah yang bening putih bersih. Damar mata kucing ini memiliki daya ekonomi tinggi dengan harga getah bersih saat ini mencapai Rp30.000 per kilogram. 

Konon pohon damar mata kucing yang sudah berumur 30 tahun ke atas bisa mencapai 50 - 100 kg/bulan/pohon. kalau di hitung dalam satu hektarnya minimalnya ada 400 batang tinggal mengkalikan hasil getah perbatang dikalikan lagi per bulan dan harga perkilonya, ini sudah jelas hasilnya seperti harga emas. maka dari itu kenapa keberadaan tanaman damar mata kucing di daerah krui masih di pertahankan sampai saat ini.

Bimtek cara penyadapan getah damat (Doc. Rasna)
Bimtek cara penyadapan getah damat (Doc. Rasna)

Belajar dari perjalanan Getah tanaman damar mata kucing  yang ada Kabupaten Pesisir Barat, Kabupaten Lampung Barat khususnya di wilayah Kecamatan Sumber jaya, kelurahan Tugu sari, di dalam kawasan hutan lindung register 45 b bukit rigis, ada kelompok tani hutan yang mempunyai tanaman damar mata kucing yang di tanam pada tahun 1994- 1997.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun