Mohon tunggu...
RANUM SARI
RANUM SARI Mohon Tunggu... Guru - Guru SD Mujahidin Pontianak

Adalah seorang pengajar di sekolah dasar di kota Pontianak

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengalaman menggunakan Model PBL sebagai Solusi Pembelajaran Inovatif

19 November 2023   13:04 Diperbarui: 19 November 2023   13:05 324
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi PPL Ranum Sari

Menjadi peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG) adalah salah satu harapan yang selalu dinantikan oleh seorang guru. Guru dengan status ASN, Tetap Yayasan, P3K bahkan yang masih berstatus kontrak sekalipun banyak yang menantikan kesempatan untuk dapat menjadi peserta PPG. Tidak dimungkiri bahwa Pendidikan profesi adalah sebagai pengakuan terhadap keprofesionalan seorang guru. Disamping memang adanya peningkatan kesejahteraan yang akan diterima oleh seorang guru tersertifikasi dari pemerintah berupa tunjangan.

Sebagai bagian dari proses untuk mendapatkan predikat guru tersertifikasi, tentunya banyak rangkaian proses yang harus ditempuh oleh seorang guru dimulai dari proses seleksi kelengkapan administrasi sampai dengan penetapan sebagai peserta dan pelaksanaan perkuliahan PPG. Yang mana proses tersebut harus dijalani dengan perasaan penuh harap dan kesabaran. Dikarenakan setiap proses ada tantangannya.

Ketika kita sudah ditetapkan sebagai peserta yang akan mengikuti perkuliahan PPG, dari situlah proses perkuliahan dimulai. Dari masa orientasi, pendalaman materi, pengembangan perangkat, uji komprehensif dan PPL. Dari setiap tahapan pelaksanaan, akan disertai penugasan yang harus diselesaikan oleh mahasiswa. Baik dalam bentuk unggahan lembar kerja, diskusi atau kolaborasi dan pelaksanaan praktik pengalaman lapangan (PPL).

Secara proses, mahasiswa PPG akan mengidentifikasi, menganalisis dan menentukan solusi dari masalah apa yang muncul atau dihadapi pada saat pembelajaran di sekolah. Proses tersebut akan secara runut dituangkan dalam lembar kerja (LK). Dari proses penyusunan LK tersebut, secara terstruktur akan diarahkan kepada faktor utama yang menjadi penyebab masalah yang terjadi di sekolah dan akan menjadi target penyelesaian dalam pelakasanaan PPG.

Dari berbagai topik permasalahan yang sering muncul dalam proses pembelajaran, yang menjadi prioritas utama bagi saya adalah model pembelajaran. Model pembelajaran adalah satu faktor pendukung dalam keberhasilan guru dalam menyampaikan pembelajaran kepada peserta didik. Dalam pelaksanaan PPG ini, saya mengambil model pembelajaran inovatif sebagai salah satu upaya mengatasi indikator masalah yang dihadapi di sekolah. Harapan yang akan dicapai adalah memberikan pengalaman yang berbeda bagi saya sebagai guru dan peserta didik. Diharapkan pembelajaran lebih menarik, dan memacu peserta siswa untuk berkontribusi secara dominan dalam proses pembelajaran.

Model pembelajaran yang saya pilih adalah model pembelajaran berbasis masalah/problem based learning (PBL). Secara pengalaman, model PBL belum pernah saya terapkan di sekolah, dikarenakan keterbatasan informasi, pengalaman dan kemampuan penguasaan IT. Dari pengalaman PPG inilah, saya berusaha untuk menerapkannya di sekolah. Dikarenakan mendapatkan bimbingan dari Dosen, guru pamong, kepala sekolah, rekan sejawat dan lainnya.

Salah satu penerapan PBL ini sangat berkesan adalah pemanfaatan media pendukung dalam pembelajaran. Sehingga guru sangat terbantu dan peserta didik juga merasa tertarik dengan apa yang disajikan oleh guru. Beberapa media pendukung yang digunakan antara lain, LCD proyektor, Powerpoint, Gambar, Video, dan LKPD.

Melalui powerpoint, Gambar, dan Video, peserta didik disuguhkan  tentang materi, informasi, dan masalah yang akan disampaikan serta masalah yang akan diselesaikan. Melalui media yang dikemas secara menarik, peserta didik akan lebih fokus dan antusias.

Melalui LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik), peserta didik secara berkelompok ditantang untuk berdiskusi dan bekerjasama dalam menyelesaikan masalah yang muncul dalam LKPD tersebut. Peserta didik ditantang untuk menentukan masalah dan menemukan solusi dari masalah tanpa harus selalu menunggu jawaban dari guru. Peserta didik juga ditantang untuk menyampaikan hasil kerja kelompoknya dengan cara tampil membacakan hasil kerja kelompoknya didepan kelas.

Dokumentasi PPL Ranum Sari
Dokumentasi PPL Ranum Sari

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun