Saat kita ingin ketahui apakah itu konsep dasar Public Relations, perlu untuk diketahui jika konsep Public Relations tanpa ada desakan, melepaskan, harus berikan motivasi, menyadarkan,kreatif dengan beberapa pengembangan, ide, serta banyak akal.Â
Public Relations berperan memanage, meningkatkan jalinan baik antar instansi dengan publiknya baik internal atau external. Menurut ahli Public Relations, Roberto Simoes proses hubungan membuat pendapat publik untuk input yang mengguntungkan kedua pihak.
Cara Public Relations dalam melakukan manfaatnya harus mempunyai arah organisasi yang pasti, membuat ide kualitas produk atau layanan jadi, seorang PR harus tahu kelebihan atau kekurangan produknya. Bila ada yang menanyakan bagaimana jadi seorang PR bagus langkah awal ialah seperti berikut:
Minta service direksi, dalam ini PR harus tahu info selengkap-lengkapnya, terkait dengan banyak kebijakan direksi.
Memberikan peluang direksi, memberikan inspirasi, saran serta kritikan.
Mengembil pokok tatap muka (harus ada simpulan)
Pilih media yang tempat.
Ketentuan mental PR harus mempunyai kejujuran, kredibilitas, kesetiaan. Seorang PR harus juga bekerja mengadakan serta bertanggungjawab atas penyampain info pada publik, memantau, merekam serta menilai respon dan opini umum atau warga,serta bisa melakukan perbaikan citra organisasi. Tubuh publik Publik Relations, eksekutif, yudikatif, legislatif serta tubuh lain yang berperan serta pekerjaan intinya terkait dengan penyelenggaraan negara.
Keharusan Tubuh Publik (Klausal 7 UU 14/2008)
Sediakan
Memutuskan standard mekanisme oprasional