Mohon tunggu...
Randy Zinedine
Randy Zinedine Mohon Tunggu... Doing Without Hesitating

Kelompok KKN Tematik UISI A.62

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

KKN Tematik UISI Kelompok A.62: Pembinaan Digital Marketing bagi Pelaku Industri Rumahan dan UMKM

27 September 2020   23:29 Diperbarui: 27 September 2020   23:31 35 1 0 Mohon Tunggu...


Perkembangan teknologi saat ini telah mempengaruhi perilaku masyakarat terhadap perilaku dan keputusan pembelian. Masyarakat saat ini menuntut produk dapat diakses dengan mudah, cepat, dan jelas. Perilaku masyarakat juga telah berubah terhadap cara berbelanja produk yang awalnya belanja secara langsung atau offline menjadi belanja secara digital atau online. Akibat perilaku konsumen yang berubah menjadi lebih gemar berbelanja online membuat pelaku usaha harus memiliki kemampuan yang baik dalam beradaptasi dan bertransformasi untuk menghadapi apa yang disebut dengan revolusi industri 4.0. Revolusi Industri 4.0 sendiri merupakan era dimana segala aktifitas perusahaan mulai dari menggabungkan teknologi digital dan juga internet untuk kegiatan produksi hingga penjualannya. Untuk memenuhi kebutuhan konsumen terkait berbelanja secara online, pelau usaha juga harus memiliki e-commerce maupun bekerjasama dengan e-marketplace untuk mendukung penjualannya.

Pelaku usaha saat ini, juga harus dapat lebih adaptif terhadap pengembangan teknologi yang dapat menunjang penjualannya dan sebagai seorang anak muda sekaligus mahasiswa juga harus dapat berperan aktif dalam usaha mengembangkan bisnis yang terdapat dimasyarakat terutama industry rumahan dan UMKM yang notabenenya adalah penjualan secara offline. Dari hal tersebut, Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) melaksanakan Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik Tahun 2020 dengan salah satu temanya adalah Ekomoni.

Perkembangan teknologi dalam pengembangan usaha secara online pada masa pandemi ini memang sangat dibutuhkan terutama bagi pelaku usaha yang memiliki produk yang dibutuhkan oleh masyarakat. Hal tersebut, membuat semangat 3 Mahasiswa UISI yakni Randy, Tiara dan Fajar untuk melaksanakan program KKN untuk membantu para pelaku UMKM maupun Industri Rumahan dalam hal Marketing dan juga Branding kepada Industri Rumahan yang berada di Desa Gempol Kurung, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik.

Mahasiswa KKN Tematik UISI Kelompok A.62 ini, memiliki program -- program pelatihan untuk masyarakat Desa Gempolkurung. Mulai dari Workshop terkait Wawancara Kerja karena wilayah Desa Gempolkurung ini yang berada di kawasan pabrik, Workshop terkait branding product dan workshop terkait bagaimana mengambil foto produk yang simple tapi hasil dapat menjadi bagus karena salah satu yang diperlukan ketika melakukan penjualan secara online adalah Branding yang baik dan juga Foto Produk yang bagus agar dapat

Mahasiswa KKN UISI 2020 berharap kepada masyarakat diseluruh desa-desa di Indonesia untuk terus beroptimis dan melakukan persaingan terhadap Produk yang dihasilkan dari UMKM dan Home Industri dengan Produk yang dihasilkan dari pabrik besar di seluruh Indonesia.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x