Perkembangan teknologi saat ini telah mempengaruhi perilaku masyakarat terhadap perilaku dan keputusan pembelian. Masyarakat saat ini menuntut produk dapat diakses dengan mudah, cepat, dan jelas. Perilaku masyarakat juga telah berubah terhadap cara berbelanja produk yang awalnya belanja secara langsung atau offline menjadi belanja secara digital atau online. Akibat perilaku konsumen yang berubah menjadi lebih gemar berbelanja online membuat pelaku usaha harus memiliki kemampuan yang baik dalam beradaptasi dan bertransformasi untuk menghadapi apa yang disebut dengan revolusi industri 4.0. Revolusi Industri 4.0 sendiri merupakan era dimana segala aktifitas perusahaan mulai dari menggabungkan teknologi digital dan juga internet untuk kegiatan produksi hingga penjualannya. Untuk memenuhi kebutuhan konsumen terkait berbelanja secara online, pelau usaha juga harus memiliki e-commerce maupun bekerjasama dengan e-marketplace untuk mendukung penjualannya.