Randy Jullihar
Randy Jullihar Scientist

A scientist, Father, Husband,Writer, Story teller, Analizer and Open minded reader

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

Wisata Hotel, Alternatif Nyaman Liburan Keluarga

14 November 2017   22:21 Diperbarui: 14 November 2017   22:34 246 0 0
Wisata Hotel, Alternatif Nyaman Liburan Keluarga
dulux.co.uk

Saat weekend atau musim liburan tiba, anda dan keluarga pasti ingin melepas penat menikmati hari libur bersama keluarga. Setelah sekian banyak waktu yang anda habiskan untuk bekerja mencari uang, mengurus bisnis atau melakukan berbagai pekerjaan rumah, tiba waktunya untuk merefresh diri anda dan keluar dari rutinitas untuk bersenang-senang dengan keluarga tercinta. Sayangnya bukan hanya anda saja yang berfikiran seperti itu, hampir setiap orang berfikiran yang sama. 

Semua mempunyai rencana yang sama untuk menghabiskan liburan di hari yang sama dengan kita, weekend atau tanggal merah. Efeknya, tempat wisata yang kita tuju akan sangat penuh dan jalan menuju tempat tersebut akan sangat macet. Kepadatan dan keramaian di tempat wisata yang kita datangi malah menjadikan rencana liburan keluarga menjadi kacau. Kenyamanan akan hilang dan berganti menjadi keropotan atau bahkan malah membuat emosi karena kondisi yang jauh dari rencana yang dibayangkan.

Beberapa keluarga, termasuk saya lebih memilih berlibur di hotel atau biasa disebut wisata hotel dalam menghabiskan weekend atau tanggal merah darpada ikut berdesak-desakan di tempat wisata karena ramai pengunjung. Menurut kami, pergi ke tempat wisata lebih nyaman dilakukan pada hari kerja dengan mengambil cuti kerja, saat orang lain kerja. Sehingga tempat yang kita tujunakan lebih sepi dan kita lebih enjoy menikmati tempat tujuan wisata.

Lalu kenapa memilih menginap di hotel? Bagi beberapa orang, hotel dianggap hanya tempat untuk sekedar tidur saat kita berada di luar rumah dan terpaksa harus menginap di luar. Padahal hotel-hotel yang ada, banyak menawarkan fasilitas-fasilitas yang membuat orang sengaja datang untuk berlibur dan sekaligus bermalam di tempat tersebut. Kenyamanan dan ketenangan dalam berlibur menjadi tujuan utama kebanyakan orang yang datang untuk melakukan wisata hotel. 

Bila anda dan keluarga sudah merasakan nikmatnya berwisata hotel, anda kemungkinan akan ketagihan dan kembali mengatur rencana liburan  anda untuk menginap di hotel yang anda sukai. Bagi anda yang ingin mulai mencoba memanjakan keluarga dengan wisata hotel tersebut, ada hal-hal yang yang harus anda cermati sebelum memilih hotel yang akan anda datangi, agar anda tidak menyesal karena salah memilih hotel.

1. Lihat fasilitas hotel dan fasilitas dalam kamar.

Bagi saya, kolam renang adalah hal yang wajib. Salah satu tujuan saya menginap di hotel adalah berenang. Bagi keluarga, membawa anak ke hotel berarti mengajak anak-anak bermain air di kolam renang. Anak-anak akan betah bila ada kolam renang.

Untuk para orang tua, pilihlah kamar yang ada fasilitas bathtube dikamar mandinya. Berendam dengan air hangat di bathtube, akan membuat otot-otot rileks dan fikiran tenang juga menurunkan tingkat kestressan akibat kepenatan rutinitas yang dijalani. Berendamlah di waktu malam, saat anak-anak sudah tidur, ditemani secangkir teh manis hangat dan alunan musik lembut yang anda sukai.

Fasilitas lain bisa disesuaikan dengan hobi dan kegemaran anda, seperti fitnes center, meja billiard, club, Spa dan lain-lain

2. Pilih Hotel yang ramah anak.

Bagi anda yang berwisata hotel dengan anak-anak, usahakan memilih hotel yang menyediakan fasilitas untuk anak. Selain kolam renang untuk anak, ada hotel-hotel yang menyediakan children playground, kids zone, barbie gallery, taman untuk bermain anak atau bahkan ada hotel yang membuat pantai buatan untuk memanjakan keluarga khusunya anak-anak  yang menginap.

3. Lihat variasi menu sarapan

Wisata hotel tak boleh ketinggalan yang namanya kuliner sarapan pagi. Ya, setiap hotel menyajikan sarapan pagi bagi tamu nya (red:untuk harga yang plus sarapan). Hotel yang bagus biasanya menyajikan sarapan ala prasmanan dengan sistem  All You Can Eat.Kita bebas menikmati semua sajian yang disiapkan pihak hotel, mulai dari pembuka seperti kue, coklat, brownies, cupcake, pastri dan lain-lain. Makanan utama aeperti bubur, nasi goreng, sereal, omlet, salad, roti, ayam, zupa, sup dan lain-lain.

 Hidangan penutup seperti puding, buah-buahan, yogurt dan lain-lain. Hingga minuman yang bervariasi seperti teh, kopi, jus, susu an lain-lain. Setiap hotel mempunyai variasi kelengkapan yang berbeda-beda. Semakin banyak jumlah bintang hotel tersebut semakin mewah pula makanan yang ditawarkan.

4. Baca review

Agar anda tau bagaimana kesan tamu-tamu yang pernah menginap di hotel tersebut, anda disarankan untuk membaca review dari orang-orang tersebut. Kadang ada hotel yang menyeramkan karena banyak penampakan, ada juga hotel yang kotor tidak terjaga kebersihan nya atau ada juga hotel yang layanan pegawai-pegawainya mengecewakan. Semua itu sedikitnya bisa anda ketahui dari review-review tamu yang bisa anda baca di internet.

5.Gunakan aplikasi booking hotel

Aplikasi hotel seperti traveloka, agoda, pegipegi dan lain-lain bisa memudahkan pencarian hotel apa yang anda mau, lengkap dengan fasilitas, review tamu serta harga yang ditawarkan. Selain itu melalui aplikasi tersebut anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah dibanding datang dan bayar langsung di hotel yang anda tuju. Proses booking akan lebih cepat dan nyaman.

Melalui tips-tips diatas, anda dan keluarga bisa optimal menikmati liburan dengan wisata hotel tanpa perlu lagi menyia-nyiakan liburan anda dengan ikut arus padat nya tempat wisata umum biasanya. Liburan akan terasa nyaman menyenangkan dan berkesan.