Mohon tunggu...
Wiselovehope
Wiselovehope Mohon Tunggu... Desainer - Kompasianer, Novels Author, GoodNovel Acquisition Editor

Instagram : @wiselovehope, @z.couple.rj, @z.royal.family.jtv (My Creations) Noveltoon, Goodnovel, Wattpad : Wiselovehope Https://linktr.ee/wiselovehope Email : wiselovehope@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Diary Wiselovehope Bagian 5: 2017, Menulis Artikel 50 Ribu Rupiah

25 Juli 2021   20:33 Diperbarui: 25 Juli 2021   20:36 110 8 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Diary Wiselovehope Bagian 5: 2017, Menulis Artikel 50 Ribu Rupiah
via Shutterstock

Pada tahun 2017 saya kembali mencoba comeback di dunia tulis-menulis setelah lama mundur karena trauma masalah oknum penerbit yang membuat hidupku serasa kacau-balau. 

Sebuah media online nasional yang kala itu sedang masif mencari kontributor untuk kanal-kanalnya memberikan 50 ribu Rupiah tanpa syarat bagi semua artikel yang bisa diterbitkan di situs berita maupun di aplikasi mereka.

Saya mencoba mulai menulis dengan satu artikel bertajuk 'Tips Makan Banyak Tapi Bisa Tetap Langsing' atau semacam itu, dan mendapatkan penerimaan yang  cukup bagus. 

Setelah beberapa artikel lepas meluncur, saya menerima kabar gembira, ditarik menjadi kontributor tetap untuk kanal Kuliner dan Unik. 

Tugasnya sangat mudah, mencari artikel dari media luar negeri, beberapa foto yang menarik sebagai pelengkap, serta mengolah kembali sebagai artikel baru yang segar dalam kata-kata dan kesimpulan kita sendiri.

Waktu itu semua artikel tidak mengalami kesulitan berarti untuk dipublikasikan, dan selama sesama kontributor topiknya disetujui oleh 'pembimbing' mereka, kami mendapatkan 50 ribu Rupiah per artikel yang berhasil tayang. 

Rekor terbaik saya waktu itu, dalam sebulan berhasil memperoleh 1.250.000 Rupiah, sukses meluncur ke dalam pundi-pundi bank tanpa potongan.

Bahkan saya pernah menduduki ranking sebagai kontributor dengan view terbanyak untuk satu artikel yang mencapai 25.000 view dalam seminggu.

Sayangnya, hanya beberapa bulan saja menikmati menjadi kontributor media tersebut, tetiba semua program dibatalkan secara sepihak oleh media, dan tak ada lagi yang namanya kontribusi. 

Kurasa, itu dikarenakan artikel masif yang ditulis beberapa oknum kontributor mungkin sudah tak bisa terkontrol lagi kebenarannya, bahan menjurus ke hoaks. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x