Mohon tunggu...
Ramadiani Rambe
Ramadiani Rambe Mohon Tunggu... "Berani hidup tak takut mati, takut hidup lebih baik mati saja" ~Darul Arafah

http://m.facebook.com/sharer.php

Selanjutnya

Tutup

Teknologi

Pewarnaan Graf pada Covid-19 (Ramadiani BR Rambe KKN-DR 168 UINSU)

12 Agustus 2020   23:23 Diperbarui: 13 Agustus 2020   03:19 28 4 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pewarnaan Graf pada Covid-19 (Ramadiani BR Rambe KKN-DR 168 UINSU)
sumber NextGen.web.id

Teori graf atau teori grafik dalam matematika dan ilmu komputer adalah cabang kajian yang mempelajari sifat-sifat "graf" atau "grafik". Ini tidak sama dengan "Grafika". Secara informal, suatu graf adalah himpunan benda-benda yang disebut "simpul" (vertex atau node) yang terhubung oleh "sisi" (edge) atau "busur" (arc). Biasanya graf digambarkan sebagai kumpulan titik-titik (melambangkan "simpul") yang dihubungkan oleh garis-garis (melambangkan "sisi") atau garis berpanah (melambangkan "busur"). Suatu sisi dapat menghubungkan suatu simpul dengan simpul yang sama. Sisi yang demikian dinamakan "gelang" (loop). 

V = v1, v2, v3, ..., vn; E = e1, e2, e3, ..., en atau 

E = (v1, v2),(v2, v3),(v3, v4), ...,(vn−1, vn) 

Di mana e = (vi , vj ) yang artinya sisi yang menghubungkan simpul vi dan vj . Salah satu topik yang menarik adalah masalah pewarnaan graf (graph coloring). Bidang ini memiliki sejarah menarik dan teori-teorinya telah menimbulkan banyak perdebatan pada kalangan matematikawan. Umumnya pewarnaan graf [6] digunakan untuk memodelkan suatu masalah sehingga menjadi lebih mudah, yaitu dengan cara merepresentasikan objek-objek tersebut. 

dan jika teman-teman belum paham mengenai apa itu graf? teman-teman dapat mengakses video youtube  ini!

yang berisi mengenai penjelasan teori graf dan mencari jarak terdekat dimana saya membuat video tersebut dalam rangka memenuhi tugas individu KKN-DR168.

Selanjutnya pewarnaan graf (graph coloring) adalah kasus khusus dari pelabelan graf. Pelabelan disini maksudnya, yaitu memberikan warna pada titik-titik pada batas tertentu. Pewarnaan sisi (edge coloring) adalah memberi warna berbeda pada sisi yang bersisian sehingga tidak ada dua sisi yang bersisian mempunyai warna yang sama. Jumlah warna minimal ϕ(G) [1],[5]yang dapat digunakan untuk mewarnai sisi-sisi dalam suatu graph G disebut bilangan khromatik G. 

sumber probolinggokab.go.id
sumber probolinggokab.go.id

kali ini saya ingin membahas mengenai Peta Sebaran COVID-19 Terapkan Pewarnaan Berbeda di Indonesia dengan metode pewarnaan Graf. Lema pertama, bilangan kromatik pewarnaan titik sisi terboboti dari graf hasil korona graf lintasan dengan ordo n lebih besar sama dengan 4 dan graf H adalah lebih besar sama dengan bilangan kromatik pewarnaan titik sisi terboboti graf H. 

Teorema pertama, bilangan kromatik pewarnaan titik sisi terboboti dari hasil kali korona graf dua lintasan berordo lebih besar sama dengan 4 adalah 2.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x