Mohon tunggu...
Ramadhan Angga Notonegoro
Ramadhan Angga Notonegoro Mohon Tunggu... Human Resources - Sejatine urip iku gawe urup

Pelajar di Sekolah Kehidupan.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Terorisme, Radikalisme, dan Sikap Menghadapi Kebinekaan

1 Maret 2017   09:34 Diperbarui: 1 Maret 2017   09:40 267
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Setiap pagi, seperti biasa, kami olahraga pagi dengan berjalan santai mengelilingi perumahan. Sambil menenteng koran Kompas, saya menghembuskan nafas dan membatin, berita hari itu sedikit membosankan. Perihal terorisme, yang tak pernah ada habisnya di bumi Nusantara ini. Membosankan karena sebanyak itu kita berantas maka sebanyak itu pula yang akan datang lagi. Terorisme seperti narkoba yang tidak ada habisnya. Belum lagi saling cekcok antar tetangga yang berbeda agama membuat suasana semakin meresahkan. Juga ulah beberapa ormas yang senang melipir sambil membawa alat pukul, lalu mengibas-ngibaskan alat pukulnya ke kaca-kaca beberapa gedung yang menyediakan hiburan. Sasaran mereka pada umumnya tempat-tempat keramaian yang menyediakan hiburan atau sekedar tempat ngopi, atau di taman seperti yang terjadi di Bandung.

Jika dibilang tidak sepakat, saya juga tidak sepakat dengan mereka para penjaga warung yang menyediakan berbagai minuman keras atau hunian singkat yang memberikan fasilitas yang hanya bisa dinikmati manusia karbitan yang panas karena nafsunya.

Mereka memandang bahwa kerusakan moral atau tempat-tempat yang merusak moral itu merupakan kesalahan, dan yang benar adalah mereka sendiri, selainnya salah. Saya juga berpikir demikian, tidak salah menganggap diri kita paling benar dan selainnya salah jika kita memang benar-benar memegang dan berada pada rel kebenaran. Seperti kita menganggap bahwa satu ditambah satu sama dengan dua, lalu menganggap orang yang mengatakan satu tambah satu sama dengan sebelas. Justru hanya orang kurang sehat yang menganggap bahwa satu tambah satu adalah selain dua.

Tapi ada satu perbedaan antara saya dengan mereka, dan ini cukup substansi saya pikir. Yakni pada pandangan tentang kebinekaan.

Pandangan mereka tentang perbedaan, kebinekaan, kemajemukan merupakan hal yang harus disikapi. Dari pengamatan saya, mereka berpandangan bahwa perbedaan harus dihapuskan.

Perbedaan adalah sebuah keniscayaan. Inilah bedanya saya dengan mereka. Saya tidak mengafirkan (mengingkari) adanya perbedaan ini. Tapi saya tetap pada pandangan saya bahwa kebenaran hanya ada satu. Bukan dua bukan tiga. Dalam berbagai ilmu, bahkan ilmu sosial sekalipun yang sering dicemooh sebagai bukan ilmu pasti. Mereka yang berpandangan bahwa kebenaran itu relatif barangkali mainnya kurang jauh, temannya hanya itu-itu saja, gurunya juga hanya blio-blio saja.

Antara kemajemukan dengan kebenaran saya analogikan seperti berikut, anda bayangkan di depan anda ada tiga buah botol air mineral. Satu botol berisi air mineral bermerek, jernih, terbukti menyehatkan, botol kedua berisi air mentah yang dimasak di panci hingga matang, botol ketiga berisi air comberan. Manakah air yang layak minum dan baik bagi kesehatan tubuh anda? Tepat sekali, air pada botol pertama adalah jawaban yang benar dan menjawab selain botol pertama adalah keliru. 

Lalu ada tiga mahasiswa yang butuh kesehatan badan agar tetap bisa berpikir dengan baik. Mahasiswa pertama memilih air pertama, mahasiswa kedua memilih air kedua, mahasiswa ketiga memilih air ketiga. Mahasiswa pertama sudah memberi tahu dengan pendasaran yang logis, dampak baik-buruk, manfaat dan mudhorotnya dengan pembuktian empiris. Ternyata kedua mahasiswa yang lain tetap memilih air selain di botol pertama. Apakah kedua mahasiswa itu salah? Iya salah. Mereka salah. 

Tapi apakah penyikapan terhadap dua mahasiswa itu harus dibumihanguskan? Seluruh pekerjaan skripsinya dibakar, kosannya dirobohkan, makanannya dikasih racun? Alangkah lebih bijak bila kita terus mengajak, membimbing dan mendakwahi mereka dengan bil hikmah, dengan pendekatan rasional dan empiris. Memberikan bukti-bukti konkret. Dan mengajak melihat realitas dampak kerusakan organ tubuh dari meminum air di botol dua dan tiga dengan melihat masyarakat yang terkena penyakit akibat melakukan kesalahan yang mereka lakukan.

Begitulah Islam. Islam begitu indah. Kanjeng Nabi Muhammad juga begitu woles dengan perbedaan namun tegas dalam kebenaran.

Saya teringat satu kisah, Nabi Muhammad selalu memberikan makan pada orang yahudi yang buta. Yahudi tersebut berada di pinggir jalanan ramai dan mengemis. Di saat nabi memberikan makan, di saat itu juga Yahudi tersebut menyumpahi Kanjeng Nabi dengan berbagai hinaan. Namun kanjeng nabi hanya mesem, sambil terus memberinya makan setiap hari. Hingga satu saat nabi wafat lalu digantikan oleh Abu Bakar, si Yahudi heran, bau wangi yang biasanya dia hirup di depannya saat ia diberikan makan tercium sedikit berbeda saat itu. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun