Mohon tunggu...
Ramadhan Nugroho
Ramadhan Nugroho Mohon Tunggu... Sangat menyukai sejarah, karena dari sejarah kita bisa belajar dan membangun masa depan.

I Like History, Football, Liverpool, Roma, Batistuta. Twitter : @eko13ramadhan Instagram : eko13ramadhan

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

6 Klub Pemegang UEFA Badge of Honour

10 Maret 2021   00:30 Diperbarui: 10 Maret 2021   00:36 1715 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
6 Klub Pemegang UEFA Badge of Honour
UEFA Badge of Honour logo kebanggaan klub besar Eropa. (sumber: footyheadlines.com)

UEFA Badge of Honour adalah sebuah logo bergambar piala dengan angka yang menunjukkan jumlah piala champions yang dimiliki klub tersebut. Badge ini biasanya terpasang di lengan kostum klub. 

Tidak semua klub Eropa memiliki logo ini di kostumnya sekalipun klub tersebut pernah menjuarai ajang Liga Champions. 

Syarat untuk memakai UEFA Badge of Honour, sebuah klub harus menjuarai Liga Champions minimal 5 kali atau menjuarai 3 kali secara beruntun. Hingga saat ini total ada 6 klub yang memiliki UEFA Badge of Honour. Berikut daftar keenam tim tersebut.

1. Real Madrid

Klub Ibukota Spanyol ini merupakan klub legendaris yang memiliki Piala Champions terbanyak. Total Real Madrid mengoleksi 13 Piala Champions di lemari piala klub. 

Di awal ajang Piala Champions di gelar, Real Madrid pernah menjadi 5 kali juara beruntun dari tahun 1956 sampai 1960. Rekor yang terbaru adalah menjadi klub yang menjuarai Liga Champions tiga kali beruntun dengan format baru dari tahun 2016 hingga 2018.

2. AC Milan

Salah satu tim terbesar Italia, AC Milan, merupakan pengoleksi gelar Liga Champions terbanyak kedua setelah Real Madrid dengan 7 gelar. 

AC Milan pertama kali menjuarai Liga Champions pada tahun 1963 ketika masih bernama Piala Champions. Dan terakhir kali Milan menjuarainya pada tahun 2007 dimana mereka berhasil membalas dendam kekalahan dramatis tahun 2005 dari tim asal Inggris Liverpool.

3. Bayern Muenchen

Juara musim lalu, Bayern Muenchen, masuk dalam jajaran pemegang UEFA Badge of Honour. Bahkan, Muenchen sudah memiliki logo istimewa tersebut ketika hanya masih memiliki 3 gelar saja. 

Hal ini dikarenakan mereka meraih 3 gelar tersebut secara beruntun. Peristiwa itu terjadi dari tahun 1974 hingga tahun 1976. 

Pemain terkenal pada saat itu yang membawa Bayern juara tiga kali beruntun adalah Franz Beckenbauer. Total hingga tahun lalu Muenchen sudah mengoleksi 6 gelar Liga Champions.

4. Liverpool

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN