Mohon tunggu...
Andri Mastiyanto
Andri Mastiyanto Mohon Tunggu... Abdi Negara

Best Storytelling Danone Blogger Academy 2018, 50 x Prestasi Writing Competition, Nominator tunggal Best Member Backpacker Jakarta 2014, Blogger terpilih Writingthon 2020 email : mastiyan@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Jejak Backpacker di Kota Tua Batavia, Satu Kisah Seribu Cerita

13 Juni 2021   23:08 Diperbarui: 14 Juni 2021   07:21 305 12 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jejak Backpacker di Kota Tua Batavia, Satu Kisah Seribu Cerita
Deskripsi : Jejak Backpacker di Kota Tua Batavia ; Satu Kisah Seribu Cerita I Sumber Foto : dokpri

Batavia merupakan nama yang disematkan untuk Jakarta di era kolonial penjajahan Belanda. Saat itu Belanda masih mencengkram nusantara, Batavia merupakan ibukota dari Hindia Belanda (sebutan untuk Indonesia saat itu).

Beberapa waktu yang lalu tersiar kabar bahwa kawasan Kota Tua Jakarta akan beralih nama menjadi Batavia. Pengembalian nama Batavia diusulkan oleh Gubenur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Pengubahan nama tersebut disampaikan Anies saat memberikan pidato dalam acara penandatanganan Pembentukan Joint Venture Kota Tua - Sunda Kelapa terkait revitalisasi kawasan tersebut, Rabu (28/4/2021).

Perubahan nama tersebut menjadi polemik di masyarakat, masih ada yg merasa cocok dengan sebutan Kota Tua. 

Tetapi buat daku (saya) sih oke-oke saja karena kawasan kota tua lebih identik dengan sebutan Batavia di sejarah dunia. Bila mau dicari titik tengahnya daku menyarankan dengan nama Kota Tua Batavia

Gara-gara heboh isu penggantian nama Batavia, daku pun tertarik dari postingan Instagram Klub Sejarah dan Museum (SEMU) Backapacker Jakarta @semu_bpj yang akan melaksanakan trip / perjalanan bertajuk Weekend Bersama Klub SEMU, minggu, 13 Juni 2021.

Tujuan perjalanan backpacker kali ini yaitu menjelajah Pasar Asemka, Masjid Langgar Tinggi Pekojan, Kedai Seni Djakarta dan berakhir di Museum Bank Mandiri.

Deskripsi : Tim leader Trip Weekend Bersama SEMU BPJ I Sumber Foto : dokpri
Deskripsi : Tim leader Trip Weekend Bersama SEMU BPJ I Sumber Foto : dokpri
Trip ini dipimpin oleh salah seorang leader SEMU BPJ yakni Desi Safari (Leader SEMU 2017 s/d sekarang). Dirinya berpatner dengan Widdy Andya Fanny menjadi CP trip Weekend bersama SEMU. 

Desi dan Widdy sekaligus menjadi tour guide kami yang ikut dalam trip kali ini. Jumlah yang ikut serta sebanyak 15 (lima belas) backpacker, baik itu member atau pun Non Member BPJ seperti daku.

Inilah satu kisah kami para backpacker menjelajah Kota Tua Batavia dan seribu ceritanya, monggo di scroll ;

_

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
VIDEO PILIHAN