Mohon tunggu...
Andri Mastiyanto
Andri Mastiyanto Mohon Tunggu... Abdi Negara

Best Storytelling Danone Blogger Academy 2018, 48 x winners Blogcomp, Nominator tunggal Best Member Backpacker Jakarta 2014, Nominator Inspiratif Member BPJ 2016, Penyuluh Kesehatan, Admin Koin Untuk Pendidikan RSKO Jakarta, email : mastiyan@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Keamanan Artikel Utama

5 Pesawat Tempur Paling Banyak Digunakan "Laris" di Era Modern

25 Desember 2020   14:02 Diperbarui: 26 Desember 2020   07:43 1685 30 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Pesawat Tempur Paling Banyak Digunakan "Laris" di Era Modern
5 Pesawat Tempur yang paling laris | diolah dari Lockheed Martin, Norwegian Air Force, Air & Space Magazine, dok. Angkatan Laut AS via tempo.co, Bartosz Glowacki

Pesawat tempur atau jet tempur merupakan kebutuhan utama dari seluruh negara dunia untuk menjaga kedaulatannya di udara. Hanya negara-negara yang secara de facto yang dilindungi oleh negara adidaya atau negara miskin saja yang tidak memiliki pesawat tempur.

Kebutuhan akan pesawat tempur tidak hanya menjaga kedaulatan, tapi juga untuk melakukan penyerangan, pengintaian bahkan unjuk gigi kekuatan. Semakin banyak jumlah Alutsista tentunya memberi daya getar bagi suatu negara kepada negara lain, contoh saja Amerika Serikat, Tiongkok dan Rusia.

Terdapat 5 pesawat tempur di dunia paling banyak dioperasikan sampai saat ini, Yuks discroll:

..

1. F-16 Fighting Falcon

Burung besi F-16 menjadi pesawat tempur paling populer sejagat. Kepopuleran F-16 merujuk pada data yang dibeberkan oleh majalah kedirgantaraan Flight International yang bertajuk Angkatan Udara Dunia 2021.

Deskripsi : F-16 Viper | Sumber Foto: Lockheed Martin
Deskripsi : F-16 Viper | Sumber Foto: Lockheed Martin
Sampai saat ini masih ada sekitar 2.267 unit F-16 yang aktif dioperasikan di seluruh dunia. Belum ada yang menandingi kepopuleran pesawat tempur yang digunakan oleh berbagai negara di dunia seperti F-16. Selama 40 tahun F-16 telah di produksi lebih dari 4000 unit. 

Falcon besi ini digunakan 25 negara. Ini menjadi bukti pesawat tempur itu paling sukses di dunia dari sisi penjualan. F-16 merupakan contoh nyata pesawat tempur yang telah teruji di berbagai medan tempur (battle proven). F-16 bisa dikatakan secara design merupakan salah-satu pesawat tempur paling modis.

Larisnya F-16 Fighting Falcon karena dikenal sebagai pesawat yang lincah dan fighter jet jempolan, selain itu juga yang paling hemat biaya. Di akhir era 70-an pesawat tempur ini dirancang sebagai pesawat tempur ringan, sehingga memiliki harga jual terjangkau bagi negara dunia ke-3. 

Namun, saat ini F-16 telah berkembang menjadi pesawat tempur multi peran yang digunakan untuk berbagai misi. Versi terbaru dari F-16 ialah F-16 blok 70 yang diberi sebutan Viper. 

Jumlah pesawat tempur F-16 buatan, Lockheed Martin, Amerika Serikat (AS) ini setara 15% dari total jet tempur yang beroperasi di dunia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x