Mohon tunggu...
Andri Mastiyanto
Andri Mastiyanto Mohon Tunggu... Tenaga Kesehatan - Abdi Negara

59 x Prestasi Writing Competition, Blogger terpilih Writingthon 2020, Best Story Telling Danone Blogger Academy 2, Nominator tunggal Best Member Backpacker Jakarta 2014, ASN

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Kompasianival Memiliki Andil 8 Tahun Koin untuk Pendidikan RSKO Jakarta

15 November 2020   20:19 Diperbarui: 19 November 2020   13:45 387 36 7
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Deskripsi : Kompasianival Memiliki Andil 8 Tahun Koin Untuk Pendidikan RSKO Jakarta I Sumber Foto: dokpri

Kompasianival merupakan perhelatan kopi darat (kopdar) terbesar blogger Kompasiana (kompasianers). Terakhir kali daku mengikuti kompasianival pada tahun 2019 yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 23 November 2019, Mall One Bell Park, Jakarta Selatan. 

Daku hampir tiap tahun sejak 2012 (kecuali 2013) menghadiri kopdar bagi para kompasianers ini. Pada Kompasianival 2020 rencananya akan terjadi perbedaan dibandingkan dengan perhelatan Kompasianival sebelumnya yang diselenggarakan secara offline, tahun ini (2020) karena adanya pandemi Covid-19 akan diadakan secara online.

Kompasianival 2012 di mana daku mengikuti kompasianival pertama kali, ternyata memiliki arti penting bagi diriku. Kompasianival mempertemukan daku dengan komunitas Coin A Chance "Coin Untuk Pendidikan". 

Gerakan sosial ini kemudian daku bawa ke tempat kerja daku di RSKO Jakarta. Gerakan Coin Untuk pendidikan pun telah berjalan selama 8 tahun sejak kompasianival 2012 diselenggarakan.  

Baca Juga: Kompasianival 2019

Buat daku kompasinival 2012 salah-satu yang terbaik dan beda dengan Kompasianival setelahnya yang pernah daku ikuti. Gelaran Kompasianival 2012 yang digelar pada Sabtu (17/11), di Skeeno Hall, Gandaria City, Jakarta Selatan bisa dibilang berlangsung meriah. 

Terdapat beragam acara yang berlangsung dari pagi hari, hingga malam pukul 21.00 WIB. Bahkan, nampaknya mampu menyedot animo pengunjung yang bukan Kompasianers untuk mendaftar. Puluhan komunitas baik yang terlahir dari Kompasiana maupun diluar Kompasiana pun hadir mengikuti gelaran kompdar kompasianers ini.

Deskripsi : Kompasianival 2019 I Sumber Foto: Dwiki Setyawan
Deskripsi : Kompasianival 2019 I Sumber Foto: Dwiki Setyawan
Ajang kopi darat bareng teman-teman kompasianers serta penggiat media sosial yang dilaksanakan oleh Kompasiana ini dimeriahkan dengan berbagai hiburan dan beberapa talk show edukatif.

Yang lebih istimewa, tidak hanya ragam aktivitas di panggung utama yang dapat nikmati. Pada Kompasianival 2012, para kompasianers dan penggiat sosial media juga dapat bergabung bersama puluhan komunitas online dan offline di booth-booth komunitas yang telah disediakan. Salah-satu yang menjadi perhatian adalah aksi dari Cost Play. 

Beragam komunitas hadir di Kompasianival, mereka pun berbagi cerita dan informasi apa saja aktivitas yang dijalankan. Daku pun berkenalan dan mencari info tentang komunitas - komunitas yang terlibat.

Salah satu komunitas offline yang daku kunjungi boothnya adalah Coin A Chance. Komunitas yang semula berawal dari sebuah gerakan sosial pada Desember 2008. Komunitas ini memberikan informasi seputar kegiatan mereka kepada pengunjung booth. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan