Mohon tunggu...
Andri Mastiyanto
Andri Mastiyanto Mohon Tunggu... Abdi Negara

Best Storytelling Danone Blogger Academy 2018, 43 kali winners Blogcomp, Nominator tunggal Best Member Backpacker Jakarta 2014, Nominator Inspiratif Member BPJ 2016, content writer/blogger, email : mastiyan@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Netizen "Ngopi Ngegas" Mengenal Kontribusi Industri Hulu Migas

19 November 2018   08:28 Diperbarui: 20 November 2018   13:16 0 1 0 Mohon Tunggu...
Netizen "Ngopi Ngegas" Mengenal Kontribusi Industri Hulu Migas
Deskripsi : Ngopi Ngegas Mengenal Industri Hulu Migas I Sumber Foto : dokpri

Dua puluh orang netizen duduk dibangku-bangku berwarna merah menghadap layar putih. Mereka tidak berada di cinema 21 untuk menyaksikan film box office, tapi di auditorium HSSE Trainning Center Pertamina EP di Komplek PEP Asset 3 mendengarkan penjelasan tentang profil Pertamina EP Asset 3, Jatibarang, Indramayu, Jawa Barat. Kejadian ini di hari ke-2 kegiatan Ngopi Ngegas yang diselenggarakan oleh SKK Migas.

Para Netizen berada disana bukan tanpa sebab, SKK Migas mengadakan sayembara dengan pesyaratan membuat konten video instagram/twitter dengan tema "Makna Hari Pahlawan Menurut Sobat Migas " berhadiah field trip selama 2 hari 1 malam (15-16 november 2018) bagi 10 pemenang. Sayembara tersebut ditutup, 10 november 2018, tepat di Hari Pahlawan.

Deskripsi : Para Pemenang Sayembara dan netizen (blogger, blogger dan influencer) yg ikut kegiatan Ngopi Ngegas I Sumber Foto : dokpri
Deskripsi : Para Pemenang Sayembara dan netizen (blogger, blogger dan influencer) yg ikut kegiatan Ngopi Ngegas I Sumber Foto : dokpri
Dari dua puluh orang netizen sebanyak sepuluh orang pemenang sayembara, sedangkan sepuluh orang lagi blogger, vlogger dan influencer yang dilibatkan dalam field trip.

Sebagian besar pemenang sayembara masih duduk dibangku perkuliahan dan sebagian lagi baru lulus dari kuliah atau baru masuk kerja. Dari sayembara video ini sangat terlihat SKK Migas merangsang generasi muda untuk kreatif dan inovatif serta berperan mengenalkan Industri Hulu Migas.

Field trip ini merupakan bagian dari kegiatan Ngopi Ngegas (Ngobrol Pintar Ngebahas Migas) yang di inisiasi oleh Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas(SKK Migas).

Ngopi Ngegas kali ini mengunjungi Jatibarang Site dan Program Pengembangan Masyarakat di Subang dan Indramayu. Selama field trip para pemenang sayembara akan berkompetisi kembali membuat video instagram/twitter dengan durasi minimal satu menit dan maksimal tiga menit.

Rombongan berangkat dari Jakarta (15/11/2018), menuju Rumah Inspirasi Subang dilanjutkan ke Pertamina EP asset 3-Jatibarang Field (Indramayu), dan berakhir di rumah budaya Mimi Rasinah (16/11/2018).

Para netizen akan ditantang untuk membuat video bertema "Migas Pahlawan Bangsa" yang di setor paling lambat tgl 23 november 2018 dan akan di umumkan tgl 26 november 2018. Best Video akan meraih Rp.2.500.000,- sedangkan pemenang favorite membawa pulang Rp.1.500.000,-.

Deskripsi : Netizen Ngopi Ngegas berada di site Jatibarang I Sumber Foto : dokpri
Deskripsi : Netizen Ngopi Ngegas berada di site Jatibarang I Sumber Foto : dokpri
Daku salah-satu blogger yang dilibatkan melihat dan merasakan lokasi dimana para peserta sayembara Migas Pahlawan Bangsa akan melakukan shooting video yang akan diikutkan dalam kompetisi video instagram/twitter.

SKK Migas 'Ngopi Ngegas' Mengenalkan Industri Hulu Migas

Bagi masyarakat umum acapkali masih bingung membedakan antara pengertian hulu dan hilir usaha minyak dan gas (Migas). Kerancuan pengertian hulu dan hilir di masyarakat dalam beberapa kejadian dapat menimbulkan kesalahpahaman.

Industri migas secara umum terdapat lima tahapan kegiatan, yaitu eksplorasi, produksi, pengolahan, transportasi, dan pemasaran. Kegiatan usaha hulu migas adalah kegiatan eksplorasi dan produksi, sedangkan kegiatan usaha hilir adalah pengolahan, transportasi, dan pemasaran.

Industri hulu migas telah lama menjadi kontributor utama penerimaan Negara, bisa dibilang migas pahlawan bangsa dan hulu migas berperan untuk negeri sejak negera ini berdiri. Bahkan industri hulu migas berkontribusi dalm program pengembangan masyarakat.

Deskripsi : Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas, Wisnu Prabawa Taher I Sumber Foto : dokpri
Deskripsi : Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas, Wisnu Prabawa Taher I Sumber Foto : dokpri
Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas, Wisnu Prabawa Taher, di kantor SKK Migas, Jakarta menyampaikan "Stakeholder dan masyarakat didaerah masih campur aduk antara hulu dan hilir. Acapkali di kantor perwakilan SKK Migas di daerah di demo menyangkut harga jual premium, pertalite dan BBM satu harga. Mereka yang mendemo ini salah alamat, padahal apa yang mereka sampaikan bukan dari tanggung jawab SKK Migas" ungkapnya sebelum para Netizen berangkat menuju Jatibarang Site (15/11/2018).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
KONTEN MENARIK LAINNYA
x