Mohon tunggu...
Andri Mastiyanto
Andri Mastiyanto Mohon Tunggu... Tenaga Kesehatan - Penyuluh Kesehatan

Kompasianer Of the Year 2022, 105 x Prestasi Digital Competition (70 writing competition, 25 Instagram Competition, 9 Twitter Competition, 1 Short Video Competition), Blogger terpilih Writingthon 2020, Best Story Telling Danone Blogger Academy 2, Best Member Backpacker Jakarta 2014, ASN, Email : mastiyan@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Healthy

BPJS Mempopulerkan Pola Hidup Sehat dengan Senam Sehat Kolosal 18.8.18

30 Juli 2018   21:59 Diperbarui: 30 Juli 2018   22:10 712
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Deskripsi : Senam Sehat Kolosal18.8.18 di Silang Monas I Sumber Foto : Dokpri

Bila kita berbicara BPJS Kesehatan maka yang terucap sebuah badan pemerintah yang memberikan jaminan pembiayaan kesehatan di fasilitas kesehatan. Jaminan Kesehatan Nasional Indonesia-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) merupakan layanan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan. Pembiayaan upaya kesehatan kuratif memang yang lebih dikenal masyarakat dari layanan BPJS Kesehatan.

Padahal ada beberapa kegiatan dari BPJS Kesehatan yang merupakan usaha promotif dan preventif. Sejatinya dalam implementasi Program JKN-KIS, melaksanakan prinsip managed care dimana terdapat 4 (empat) pilar yaitu promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif. 

Kegiatan  meningkatkan upaya promotif dan preventif merupakan implementasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dengan perwujudan kegiatan peningkatan aktifitas fisik, pengukuran kebugaran dan kegiatan promosi kesehatan misalnya menyarankan kepada masyarakat melaksanakan pola hidup sehat.

Dalam rangka menyambut Asian Games XVIII sekaligus merayakan HUT BPJS Kesehatan yang ke-50, BPJS Kesehatan menggelar Senam Sehat Kolosal 18.8.18 peserta JKN-KIS se-indonesia di Lapangan Monumen Nasional (Monas), Minggu (29/7/2018). Sesuai judulnya kegiatan ini diikuti oleh 18.818 orang yang terdiri dari peserta JKN-KIS, para petugas medis/paramedis/penunjang medis/admin medis  di fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan, stake holder terkait, hingga para duta BPJS Kesehatan.

Bahkan turut hadir pula Wakil Presiden Republik Indonesia-Bapak Jusuf Kalla dan Ibu Mufidah, Direktur BPJS Kesehatan-Fachmi Idris beserta para pejabat BPJS Kesehatan lainnya. Masyarakat yang ikut dalam kegiatan Senam Kolosal ini memadati bagian depan panggung kegiatan ini di Silang Monas. Bisa dibilang belasan ribu manusia datang untuk senam bersama.

Deskripsi : Direktur BPJS Kesehatan, Fachmi Idris menyampaikan bahwa senam merupakan olahraga yang murah tapi menyehatkan I Sumber Foto : Reno
Deskripsi : Direktur BPJS Kesehatan, Fachmi Idris menyampaikan bahwa senam merupakan olahraga yang murah tapi menyehatkan I Sumber Foto : Reno
Dalam sambutannya Bapak Fachmi Idris menyampaikan “Melalui kegiatan Senam Sehat Kolosal 18.818, BPJS ingin mempromosikan betapa murah dan mudahnya untuk menerapkan pola hidup sehat. Cukup dengan senam rutin setiap pagi, kita sudah mampu meningkatkan kebugaran dan sistem imun , sehingga tidak mudah tidak mudah terserang penyakit” ujar-nya.

Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat untuk berpola hidup sehat sehari-hari, diharapkan jumlah peserta JKN-KIS yang sakit bisa menurun, sehingga pembiayaan pelayanan kesehatan dapat dialokasikan ke program promotif preventif agar masyarakat dapat hidup lebih sehat.

Senam merupakan aktivitas fisik berupa olahraga ringan. Para guru dimasa sekolah selalu berpesan jangan lupa rutin berolahraga. Begitulah salah satu nasihat pola hidup sehat yang sering didengar.

Olahraga memang penting karena punya banyak manfaat untuk tubuh. Jenis olahraga yang terbilang mudah dilakukan ialah senam. Akan menjadi aktivitas yang menyenangkan jika senam dilakukan bersama dengan teman, keluarga, tetangga, dan orang lainnya.

 

Senam Memberi Dampak Positif Pada Tubuh

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun