Mohon tunggu...
Andri Mastiyanto
Andri Mastiyanto Mohon Tunggu... Abdi Negara

Best Storytelling Danone Blogger Academy 2018, 48 x winners Blogcomp, Nominator tunggal Best Member Backpacker Jakarta 2014, Nominator Inspiratif Member BPJ 2016, Penyuluh Kesehatan, Admin Koin Untuk Pendidikan RSKO Jakarta, email : mastiyan@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

"Platform Anaplan" Mempermudah Perencanaan Bisnis Perusahaan

28 Juli 2018   19:08 Diperbarui: 31 Juli 2018   20:10 1045 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Platform Anaplan" Mempermudah Perencanaan Bisnis Perusahaan
Deskripsi : Platform Anaplan mempermudah oerencanaan bisnis perusahaan I Sumber Foto : Edsen Consulting


Planning dan budjeting sangat lah penting dalam kehidupan individu sehari-hari terutama perusahaan menyangkut kebutuhan secara bisnis. Dalam kehidupan sehari-hari, contoh kecil ketika akan berpergian yang terjadi dalam otak kita akan melakukan perencanaan (planning) bagaimana sampai ke lokasi tesebut. Apalagi bila kita berbicara perusahaan, tidak ada perusahaan yang menjalankan usahanya tanpa planning

Platform Anaplan hadir menjawab kebutuhan perusahaan dalam kegiatan perencanaan dimana memungkinkan perusahaan untuk mengambil keputusan secara kolaboratif untuk mendorong kinerja bisnis perusahaan. 

Individu yang terbiasa berinteraksi dunia digital tentunya familier dengan Microsoft dan Oracle. Mungkin masih banyak yang belum kenal dengan platform Anaplan yang sejatinya bergerak dibidang yang sama dengan Microsoft & Oracle.  Platform Anaplan ternyata sudah digunakan oleh banyak perusahaan. Sekitar 900 perusahaan di seluruh dunia di 40 negara telah menggunakan platform ini.

Memang platform Anaplan masih terbilang baru masuk Indonesia yang baru melakukan penitrasi pasar Indonesia pada tahun 2012. Edsen Consulting merupakan local patner di Indonesia. Edsen Consulting dengan platform Anaplan memberi kepada perusahaan yang menjadi patner berupa kekuatan dan fleksibilitas untuk merencakan area bisnis, memungkinkan pengambilan keputusan yang kolaboratif agar dapat meningkatkan kinerja bisnis diseluruh perusahaan.

Deskripsi : Edwin Budiman, Director Edsen Consulting I Sumber Foto : dokpri
Deskripsi : Edwin Budiman, Director Edsen Consulting I Sumber Foto : dokpri
Edwin Budiman, Director Edsen Consulting dalam kegiatan blogger & media Gathering di Kirana Three, Kelapa Gading, Jakarta (26/7/2018) menyampaikan "Sejak 2015 semua bisnis membicarakan Artifial Intelligence (AI). Tetapi di middle sebenarnya membicarakan data analitik yang dapat disinkronkan dengan teknologi untuk proses perencanaan secara baik. Dalam kegiatan data capture dan planning erat hubungannya dengan excel spreadsheet. Mengatur budjet atau menghitung sesuatu dengan excel sudah cukup tetapi untuk korporasi tidak lah cukup. Platform Anaplan hadir memberikan solusi tersebut" jelasnya.

Daku dari tahun 2011 s/d 2014 berkerja dibagian Program Anggaran RSKO Jakarta sehingga memahami bagaimana pentingnya perencanaan yang baik. Bila perencanaan kurang baik maka yang terjadi apa yang telah direncanakan tidak bisa dipakai / dijalankan oleh perusahaan. Untuk itu data yang valid dan berkualitas sangat dibutuhkan oleh perencana.

Dijaman saat ini kebutuhan teknologi ialah second priority sedangkan first priority ialah electronic data. Bisa dibilang the most important thing dalam perencanaan ialah electronic data. Sebagai contoh ketika facebook ngelag yang terjadi keresahan terhadap diri dan khawatir atas data privasi kita. Sehingga pikiran kita liar yang berujung menyalahkan pemerintah USA dan isu nya berkembang macam-macam. Edsen Consulting sendiri memiliki visi memberi kebutuhan electronic data dan sensus bagi setiap perusahaan patner. 

----------*******-------------

Mari kita bicara apa pentingnya perencanaan dan penggunaan platform Anaplan. Dalam kehidupan sehari-hari melakukan perencanaan sudah biasa kita lakukan walaupun tanpa disadari. Sebagai contoh ketika akan menuju sebuah lokasi / tempat kerja. Proses dalam melakukan eksekusi perjalanan pastinya kita melakukan planning

Yang pertama ialah waktu, ketika kita akan menuju ke sebuah lokasi pastinya kita akan memperkirakan waktu yang akan ditempuh. Manusia yang hidup di era digital akan berfikir menggunakan teknologi untuk mengetahuinya yaitu dengan cek google map, berapakah lama waktu yang dibutuhkan. Apakah 10 / 15 / 20 menit ?...,

Yang kedua Spending, ketika melakukan aktivitas pasti ada cost-nya. Cost terkait dengan uang, butuh berapa biaya untuk mencapai lokasi. Yang ketiga yang menjadi hal utama ialah target. Dalam merencanakan perjalanan pasti ada yang ingin kita capai yaitu lokasi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN