Mohon tunggu...
Rakha Rafif Rivaldi
Rakha Rafif Rivaldi Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

seorang mahasiswa yang sedang mengejar cita-cita untuk membanggakan orang tua.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Millenial Bootcamp Kelompok KKN UNS 226 Bersama BPVP Surakarta untuk UMKM Desa Troso, Klaten

23 September 2022   11:43 Diperbarui: 23 September 2022   12:39 350
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kelompok KKN (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Sebelas Maret Surakarta 226 mengadakan millennial bootcamp yang ditujukan untuk UMKM di Desa Troso, Klaten. Millenial bootcamp diselenggarakan atas kerja sama antara kelompok KKN UNS 226 dengan BPVP (Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas) Surakarta. Millenial bootcamp diselenggarakan selama 5 hari berturut-turut di Balai Desa Troso.

Kelompok KKN UNS 226 beranggotakan Hafidh dari program studi Sastra Arab, Rakha dari program studi Ilmu Hukum, Fahira dari program studi Psikologi, Areta dari program studi Teknik Industri, Azka dari program studi Kimia, Septiana dari program studi Agroteknologi, Bregas dari program studi Ilmu Hukum, Dzaky dari program studi Statistika, dan Hafizd dari program studi Manajemen. Millenial bootcamp menjadi pengembangan dari program kerja Hafizd dari program studi Manajemen yang bertemakan digitalisasi marketing.

Desa Troso memiliki banyak sekali UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah), mulai dari makanan, fashion, dan hiasan rumah. UMKM tersebut kebanyakan dikelola oleh ibu-ibu rumah tangga. Namun, branding dari UMKM itu sendiri terbilang kurang apabila melihat peluang UMKM tersebut di pasaran. Hal tersebut mendorong terbentuknya rangkaian kegiatan guna meningkatkan marketing dari UMKM yang ada di Desa Troso, salah satunya melalui kegiatan Millenial Bootcamp bersama BPVP Surakarta.

Millennial bootcamp sendiri merupakan program pelatihan yang dilakukan secara intensif dengan materi yang telah disusun sedemikian rupa agar relevan dengan tujuan yang ingin dicapai. Tujuan dari Millenial Bootcamp yang diselenggarakan kelompok KKN UNS 226 adalah membantu UMKM yang ada di Desa Troso agar mengenal apa itu digitalisasi marketing guna mengembangkan usahanya.

(Dokpri)
(Dokpri)

Millenial bootcamp dilaksanakan pada tanggal 1-5 Agustus bertempat di Balai Desa Troso, Klaten. Dihadiri peserta sebanyak 16-21 orang perwakilan dari setiap UMKM.. Materi yang disampaikan dan pembicara setiap harinya berbeda. Materi tetap berkesinambungan dan saling melengkapi.

Hari pertama pelaksanaan milenial bootcamp diisi dengan tema materi Digital Marketing, Mindset, Literasi Digital, dan Sosial Media. Hari Kedua dibawakan materi pelatihan foto produk. Hari Ketiga diperkenalkan dengan media sosial khususnya Instagram. Hari Keempat disampaikan materi pembuatan konten melalui aplikasi Canva. Hari kelima merupakan pelatihan membuat postingan di sosial media menarik perhatian konsumen.

5 hari berturut-turut dengan 5 materi yang berbeda disetiap harinya, diharapkan dapat diterima dengan baik dan juga dipraktekkan  bagi UMKM Desa Troso. Banyak produk dari UMKM Desa Troso yang potensial untuk berkembang namun kurang dalam promosi ke luar. Oleh karena itu, millennial bootcamp diselenggarakan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun