Mohon tunggu...
sekar A
sekar A Mohon Tunggu... pelajar

random

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Jangan Terburu-buru mengambil Keputusan, Sebelum Tahu 4 Tips Berikut

15 Oktober 2020   13:21 Diperbarui: 15 Oktober 2020   13:25 86 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jangan Terburu-buru mengambil Keputusan, Sebelum Tahu 4 Tips Berikut
( sumber : Unsplash) Photo by Pablo Garcia Caladana

Bayangkan jika kamu dihadapi berbagai pilihan. Apalagi pilihan berat yang akan menentukan peristiwa apa yang terjadi di kemudian hari untuk dirimu sendiri bahkan orang lain. 

Tentu pilihan tersebut sering membuat galau. Banyak orang yang terjebak dalam keputusan mereka. Tak jarang berakhir dengan penyesalan.

Hidup memang diwarnai berbagai pilihan. Dan kita sendiri yang akan mengambil keputusan dari berbagai pilihan tersebut. Mulai pakai sepatu apa untuk acara hari ini, memilih kado spesial untuk orang yang disayangi, atau memutuskan berbagi cerita kepada sahabat. 

Namun, ada saatnya kamu dihadapi pilihan besar, ada baiknya kamu mengambil keputusan yang tepat bukan cepat.

Sebenarnya tidak ada keputusan yang buruk, tergantung dari perspektif mana seseorang melihatnya. Tak jarang banyak orang terjebak dalam keputusan mereka. 

Mau tidak mau, maju dalam keputusan dan bertanggung jawab adalah pilihannya. Menyesal telah mengambil keputusan, adalah hal yang sering terjadi.

Keputusan adalah hasil pemecahan dalam suatu masalah yang harus dihadapi dengan tegas. Proses ini meliputi dua alternatif atau lebih karena seandainya hanya terdapat satu alternatif tidak akan ada satu keputusan yang akan diambil.

Pengambilan keputusan (Decision Making) adalah hasil pikiran manusia dari berbagai alternatif yang ada dan memprediksikan ke depannya. 

Tujuan dari pengambilan masalah, adalah memecahkan permasalahan yang sedang dihadapi, sehingga keputusan yang kita hasilkan akan memberikan dampak positif yang besar dan minim resiko.

Pengambilan keputusan (Decision Making) tentu tidak asal-asalan. Ada beberapa langkah yang harus kita terapkan agar mencapai keputusan tepat, di antaranya :

1. Pahamilah masalahnya dan kumpulkan informasi terkait

Memahami masalah merupakan salah satu poin wajib ketika harus mengambil keputusan. Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya dan buatlah perbandingan antara satu alternatif dengan alternatif lainnya. Pikirkan dampak positif dan negatifnya, serta resiko yang akan ditanggung nantinya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x