Mohon tunggu...
Raka Abbiyan Permana
Raka Abbiyan Permana Mohon Tunggu... Penulis - Pelajar

Menulis adalah inspirasiku

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Teks Kritik Film "Turn On"

7 Maret 2021   12:52 Diperbarui: 7 Maret 2021   13:37 2406 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Teks Kritik Film "Turn On"
dok.vidio.com

Serial film yang berjudul Turn On merupakan adaptasi dari cerita novel Wattpad berjudul yang sama karya Tiara Wales. Hingga saat ini, Turn On versi novel telah dibaca hingga lebih dari 16,4 juta pembaca di seluruh dunia. Film ini menjadi serial original pertama yang diangkat dari kisah Wattpad. Tujuannya mengangkat film ini dari kisah Wattpad yaitu sebagai gerbang pembuka kerja sama Vidio, Wattpad, dan Screenplay untuk terus menghadirkan Vidio Original Series adaptasi berkualitas ke depannya.

Serial ini digarap oleh sutradara Vemmy Sagita. Ia sendiri telah mengarahkan sejumlah serial yang diproduksi oleh Screenplay.  Namanya semakin menjadi sorotan tatkala dinobatkan sebagai Sutradara Sinetron Terpuji Festival Film Bandung lewat Love In Paris 2013 lalu. Dan melalui serial Turn On nama Vemmy Sagita semakin melambung tinggi. Dan dalam cerita ini disisipkan bahwa kita dalam kondisi apapun jangan pernah untuk melakukan sebuah perkawinan kontrak karena hal ini sangat bertentangan dengan UU No.1 Tahun 1974 tentang perkawinan. Kawin kontrak telah melanggar ketentuan pasal 2 ayat (2) UU No.1 Tahun 1974. Maka dari itu dibuatlah serial ini dengan judul "Turn On."

Serial Turn On berkisah tentang pria tampan dan mapan bernama Andreas (Giorgino Abraham). Di balik kehidupannya yang tampak sempurna karena harta yang di mana-mana, Andreas masih menyimpan rasa trauma akibat percintaan bersama Zie-Zie (Sonia Alyssa). Trauma ini terjadi karena Andreas pernah memergoki mantan kekasihnya Zie-Zie selingkuh dengan Arda (Cinta Brian). Saat itu Zie-zie lupa mematikan panggilan video bersama Andreas karena mereka terpisahkan oleh jarak. Zie-Zie saat itu tengah menyelesaikan kuliahnya di luar negeri. Dari situlah perselingkuhan Zie-Zie dan Arda terbongkar.

Setelah kejadian itu, Andreas jarang memiliki hubungan serius dengan wanita. Kabar miring pun beredar kalau dirinya memiliki kelainan. Andreas pun tak tahan akan sikap kakaknya, Tere (Faradina Mufti), yang selalu penasaran dengan kehidupan Andreas. Andreas juga tak tahan karena kakanya dan demi menjaga nama baik keluarga besarnya, Andreas terpaksa harus melakukan hubungan yang palsu dengan asisten pribadinya, Maria (Clara Bernadeth). Hingga akhirnya Andreas mulai jatuh cinta pada Maria dan mereka terpaksa hanya melakukan kawin kontrak karena mereka sangat malu untuk mengungkapkan cintanya. Maria pun menyetujinya karena demi cita-citanya yaitu membangun toko kue yang dicita-citakan sebelum menikah dengan Andreas.

 Sangat disayangkan dalam film Turn On ini kisah cinta mereka hanya seumur jagung. Hal ini disebabkan karena masa lalunya Andreas datang kembali ke Indonesia. Dan selain itu sifat cemburu antar pasangan itu sangat diabaikan karena Andreas beralasan bahwa pernikahannya itu sebatas kontrak maka dari itu dia bebas bermain dengan wanita manapun yang ia suka.

Serial yang digarap oleh Vemmy Sagita mengarahkan serial ini dari skenario yang ditulis ole Ve Handojo dan Keke Mayang. Rangkaian alur campuran yang disajikan dalam film ini sangat dahsyat karena sulit ditebak oleh penonton. Bahkan kisah yang diperankan oleh para pemain membuat hati penonton merasa terenyuh. Karena di sini sangat jelas sekali suka dan dukanya pernikahan hanya sebatas kontrak. Maka dari itu film ini menitipkan pesan kepada kita supaya kita tidak melakukan perkawinan kontrak tersebut.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan